Melihat Kondisi Kesehatan Lewat Cermin

MirrorSaat ini, kalau Anda ingin mengetahui kondisi kesehatan seperti denyut jantung, tekanan darah, atau malah kadar oksigen dalam darah, jelas kita harus melewati serangkaian tes terlebih dahulu. Nantinya, proses ini akan jadi lebih sederhana. Kita tinggal bercermin dan secara otomatis cermin ini akan memberi tahu data yang ingin kita ketahui. Memang sejauh ini yang bisa terbaca baru denyut jantung saja namun itu bukan alasan untuk pesimis kan?

Seorang ilmuwan dari Harvard-MIT dari divisi Health Sciences and Technology baru saja menemukan cara yang memungkinkan pembacaan denyut jantung bahkan tanpa harus menyentuh orang yang bersangkutan. Orang tersebut hanya tinggal berdiri di depan cermin dan tak berapa lama kemudian data denyut jantung akan terpampang pada cermin.

Ini dimungkinkan karena Ming-Zher Poh menanam kamera pada bagian belakang cermin tadi. Kamera ini menangkap video orang yang sedang berdiri di depannya dan kemudian video ini digunakan untuk mengukur denyut jantung orang tersebut. Caranya, Ming-Zher Poh menggunakan software khusus yang mampu menganalisa perbedaan tingkat kecerahan yang terjadi pada urat nadi saat darah bergerak melewatinya. Software yang digunakan hanya menganalisa perubahan yang terjadi pada urat nadi yang ada pada wajah saja sehingga cermin ajaib ini tetap berfungsi meskipun orang yang berdiri di depannya mengenakan pakaian.

Nantinya, Ming-Zher Poh berencana untuk mengembangkan lagi penelitiannya agar memungkinkan pengukuran tekanan darah sekaligus kadar oksigen yang ada di dalam darah. Teknologi ini tak hanya dirancang untuk memudahkan pengguna saja namun nantinya juga bisa diaplikasikan lewat webcam yang terhubung internet sehingga dokter pun tak harus berada di tempat yang sama dengan pasien untuk mengetahui data yang ia perlukan.

Source: Cnet
Artikel Tekno Lainnya:
» Deteksi Penyakit Lewat Nafas
» Sensor Nirkabel Untuk Mengukur Aktivitas Tubuh
» Video Kini Bisa Diberi Efek HDR?
» Mencoba Menjelaskan Mujizat Nabi Musa
» Serat Optik Untuk Sistem Saraf Manusia

One thought on “Melihat Kondisi Kesehatan Lewat Cermin

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s