Deteksi Penyakit Lewat Nafas

Breath MonitorSelama ini orang Indonesia termasuk jarang memeriksakan kesehatan mereka dan baru mengunjungi dokter kalau mereka sudah merasakan gejala sakit. Biasanya dalam tahap ini kondisi penyakit sudah cukup parah dan karenanya memerlukan pengobatan atau perawatan yang lebih intensif. Bayangkan bagaimana kalau seandainya kita bisa memeriksa kondisi kesehatan setiap hari dengan cara yang sangat mudah. Penyakit jelas bisa terdeteksi lebih dini.

Barangkali berangkat dari pemikiran yang sama juga seorang peneliti dari Stony Brook University bernama Perena Gouma ini mencoba merancang sebuah alat untuk mendeteksi berbagai penyakit hanya dari hembusan nafas saja. Ukuran alat ini juga tak terlalu besar sehingga bisa disimpan dengan mudah. Intinya, kita hanya tinggal mengembuskan nafas pada saluran yang telah disediakan dan alat ini akan memberikan laporan mengenai kondisi kesehatan kita termasuk berapa banyak air yang harus kita minum pada saat itu.

Dari berita yang dilansir Cnet disebutkan kalau alat kecil ini mampu mendeteksi banyak penyakit termasuk diabetes dan kanker paru. Selain itu, alat ini juga mampu mendeteksi kadar kolesterol dan memeriksa fungsi metabolisme tubuh. Saat ini alat ini memang baru berbentuk hasil penelitian saja namun bisa diprediksi kalau dalam waktu dekat akan banyak perusahaan medis yang berminat memproduksi dan memasarkan alat ini.

Source: Cnet

Artikel Tekno Lainnya:
» Video Kini Bisa Diberi Efek HDR?
» Mencoba Menjelaskan Mujizat Nabi Musa
» Serat Optik Untuk Sistem Saraf Manusia
» IBM Bikin Prosesor 5GHz
» Canon Bikin Sensor CMOS Raksasa

One thought on “Deteksi Penyakit Lewat Nafas

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s