Serat Optik Untuk Sistem Saraf Manusia

NeurophotonicsPenggantian organ tubuh manusia dengan organ tubuh sintetis memang bukan teknologi baru. Sudah banyak penderita cacat yang memanfaatkan teknologi ini namun masalahnya adalah bahwa organ baru itu tak bisa sepenuhnya menggantikan organ tubuh asli. Salah satu kendala adalah hilangnya sensor rasa pada organ tubuh yang digantikan itu. Nantinya ini bukan lagi masalah karena teknologi untuk itu sudah mendekati kenyataan.

Departemen Pertahanan Amerika Serikat selama ini telah menjalin kerja sama dengan universitas Southern Metodist untuk meneliti kemungkinan itu. Saat ini kerja sama ini sudah menghasilkan apa yang mereka sebut Neurophotonics. Neurophotonics ini menggunakan komunikasi serat optik dua arah yang memungkinkan pengguna organ buatan ini merasakan sentuhan atau perubahan suhu pada anggota tubuh buatan yang mereka gunakan.

Ini memang baru tahap awal dari penelitian karena mereka sepertinya masih berencana melanjutkan penelitian ini dan menggali kemungkinan untuk memanfaatkan teknologi ini dalam bidang medis. Karena Departemen Pertahanan Amerika Serikat ikut membiayai proyek ini maka ada kemungkinan mereka juga berharap mendapat hasil yang bisa manfaatkan untuk kepentingan militer.

Source: Engadget

Artikel Lain:
» Canon Bikin Sensor CMOS Raksasa
» Cambridge Bikin Memory WORM Hemat Daya
» Teknologi Tepat Guna Buat Masyarakat India
» Memantau Kadar Glukosa Dengan Sutra dan Emas
» Jubah Tembus Pandang, Belajar Sihir Dengan Teknologi

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s