Hiriko, Mobil Mungil Yang Bisa Dilipat

Hiriko

Namanya memang ‘berbau’ Jepang meskipun mobil mungil yang bekerja dengan tenaga listrik ini sebenarnya dibuat di negeri Spanyol. Bukan itu masalahnya. Mobil yang dari sisi dimensi sudah cukup kecil ini ternyata masih bisa dilipat lagi hingga ukurannya jadi lebih kecil. Dalam kondisi terlipat, panjang Hiriko ini hanya sekitar sepertiga dari kebanyakan mobil. Dengan begitu, kendala ruang parkir yang semakin hari semakin berkurang bisa teratasi.

Sebenarnya tak banyak yang baru dari mobil mini bernama Hiriko ini. Mobil yang mampu menampung dua orang termasuk pengemudi ini menggunakan tenaga listrik dari baterai lithium ion sementara roda kemudi diganti dengan joystick. Beberapa mobil konsep yang sempat dipamerkan pun sebenarnya sudah menawarkan fitur yang sama, termasuk motor listrik yang dipasang langsung pada tiap-tiap roda. Yang membuat Hiriko jadi istimewa memang adalah konsep lipat tadi.

Hiriko

Hiriko ini adalah kolaborasi MIT media lab dengan beberapa perusahaan yang berbasis di Basque. Para perancang mobil ini memasang mekanisme yang memungkinkan kabin berputar secara vertikal dan menghilangkan jarak antara roda depan dan belakang. Dalam posisi parkir ini, panjang Hiriko yang semula 2,5 meter bisa menyusut sampai 1,5 meter. Artinya, satu ruang parkir yang semula hanya bisa diisi satu mobil kini bisa dihuni tiga Hiriko. Kabarnya, dalam waktu dekat mobil ini bakal diproduksi secara masal dan harga jualnya diperkirakan mencapai US$16 ribu lebih.

Source: Ubergizmo

Artikel Otomotif Lainnya:
» Daihatsu Pico, Bisa Berinteraksi Dengan Lingkungannya
» Honda – Yamaha Kolaborasi Bikin e-Bike Cerdas
» Honda E-Canopy, Bukan Untuk Perjalanan Jauh
» Honda Micro Commuter Concept, Mobil Dari Masa Depan
» Honda Motor Compo, Cuma Sekedar Konsep

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s