Nokia Bikin Peta Ruangan Berbasis 3D

Nokia 3D Indoor Mapping

Google Maps baru-baru ini memang memperkenalkan versi 6.0 yang memungkinkan pemetaan ruangan. Kabar ini jelas sangat menggembirakan lantaran kemungkinan untuk memanfaatkan teknologi ini masih terbuka lebar. Sayangnya, fitur baru Google Maps ini hanya berbentuk floor layout dan masih memiliki keterbatasan. Celah itulah yang diambil Nokia yang ternyata juga sedang mengembangkan sistem pemetaan ruangan. Bedanya, Nokia mengambil pendekatan tiga sumbu alias 3D.

Jangan salah! Ini bukan sekedar ikut-ikutan teknologi 3D di dunia film. Teknologi yang dijanjikan Nokia ini membuka banyak kemungkinan yang belum bisa diakomodasi dengan teknologi yang ada saat ini. Floor mapping seperti yang digunakan Google Maps memang memudahkan kalau kita mengacu pada satu level saja. Pendekatan ini jadi tidak efektif bila diterapkan pada gedung berlantai lebih dari satu. Kondisi ini tak beda jauh dengan kesulitan mendeteksi lawan dalam game berbasis pertempuran udara zaman dulu. Peta tak mampu mendeteksi sumbu Z yang akhirnya membuat kita kesulitan mencari lokasi lawan yang berada di atas atau di bawah kita.

Teknologi Nokia ini akan memungkinkan seseorang memandu orang lain mulai dari luar gedung sampai ke lokasi yang berada di tingkat tertentu tanpa ada kesulitan. Kemungkinan lain adalah pemanfaatan teknologi ini untuk keamanan. Misalnya saja untuk mendeteksi lokasi barang yang telah diberi tag dalam gedung yang memiliki banyak lantai. Bukan tak mungkin pula suatu saat teknologi ini akan diadaptasi oleh video game.

Cara kerjanya cukup sederhana. Aplikasi yang dikembangkan Nokia ini akan menggunakan teknologi Bluetooth 4.0 yang ada di dalam ponsel atau tag yang memang dirancang untuk keperluan ini. Peranti ini akan berkomunikasi dengan locator yang dipasang pada atap di setiap lantai untuk menghasilkan pemetaan tiga dimensi tadi. Kabarnya, Nokia memastikan tingkat akurasi pemetaan 3D ini bisa mencapai 21cm.

Source: Ubergizmo

Artikel Tekno Lainnya:
» Amerika Ciptakan Serangga Mata-Mata
» Mengubah Warna Mata Dengan Sinar Laser
» Jadi Terminator Dengan HUD Contact Lense
» Mencium Aroma Internet Dengan Olly
» Menambah Kapasitas Hard Disk Dengan Garam

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s