Nokia Gem Concept, Smartphone Tanpa Layar

Nokia Gem Concept

Dalam visi para peneliti Nokia, tak ada lagi masa depan buat layar ponsel. Nantinya ponsel atau smartphone tak lagi membedakan antara peranti input semacam keypad atau trackpad dengan layar. Hasilnya kurang lebih adalah seperti Nokia Gem ini. Walaupun masih berstatus konsep namun hasil impian para ilmuwan Nokia ini masuk akal dan bukan tak mungkin dalam beberapa tahun lagi pasar ponsel bakal dibanjiri teknologi ini. Intinya, yang jadi masalah bukanlah teknologi atau desain lagi namun sudah ke arah pengalaman berinteraksi dengan ponsel itu sendiri.

Sebenarnya visi Nokia ini sudah bisa terbaca dari tren ponsel yang beredar saat ini. Semakin banyak ponsel dan smartphone yang meninggalkan keypad dan memilih menggunakan touchscreen sebagai sarana berinteraksi dengan menu dan fitur yang ada. Harga ponsel dengan layar sentuh pun semakin murah sementara tingkat akurasinya semakin tinggi pula. Di saat yang sama, tren yang berlaku di pasar pun semakin mengarah pada kemudahan dan pengalaman menggunakan alat komunikasi itu sendiri sementara teknologi hanya jadi faktor pendukung saja.

Nokia Gem yang masih berstatus konsep ini mengadopsi dua pemikiran tadi dan menggabungkannya dalam satu peranti. Seluruh permukaan ponsel berbentuk sederhana ini adalah layar sentuh dan tampilan bisa berubah sesuai dengan aplikasi atau fungsi yang sedang dijalankan. Memang sepertinya bukan sesuatu yang sangat ‘wah’ namun kalau Anda perhatikan baik-baik maka akan terlihat kalau kemudahan dan pengalaman berinteraksi dengan ponsel adalah tujuan utama Nokia.

Source: Geeky Gadget

Artikel Gadget Lainnya:
» Nokia HumanForm, Dikonsep Untuk Komunikasi Masa Depan
» Lytro: Jepret Dulu, Atur Fokus Kemudian
» Roland iModela iM-01, Printer 3D Mini
» Sonoma GuitarJack Model 2 Mengubah iPhone Jadi Studio
» Hammacher Schlemmer, Kamera Paling Kecil di Muka Bumi?

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s