evR450, Supercar Elektrik Buatan Australia

evR450

Baru tahun 2012 nanti mobil sport dengan performa tinggi ini beredar di jalanan. Untuk sementara, Varley Electric Vehicles masih merahasiakan detil dari mobil super yang ramah lingkungan ini. Beberapa info sudah dibeberkan dan dari sana sudah terlihat kalau evR450 ini bisa diadu dengan electric supercar yang sudah lebih dulu beredar. Soal harga, sepertinya mobil buatan Australia ini masih cukup bisa dimaklumi.

Soal tampilan luar, evR450 ini memang benar-benar sporty. Sekilas, pahatan bodinya mengingatkan pada Ferrari atau Lotus, bedanya yang satu ini murni menggunakan daya listrik. Ada dua buah motor listrik yang terpasang pada evR450 ini dan motor ini mengambil daya dari baterai lithium-ion 24Kwh yang dikembangkan bersama dengan Ultramotive yang berbasis di Australia juga.

Catatan performa menunjukkan angka yang cukup membuat lidah berdecak, mengingat ini adalah mobil elektrik. Kecepatan maksimum memang dipatok pada angka 200km/jam untuk menghemat baterai sementara untuk mencapai kecepatan 100km/ jam hanya dibutuhkan waktu sekitar 3,8 detik saja. Daya jelajah standar mencapai 150km namun angka ini bisa didongkrak naik dua kali lipat dengan pemasangan baterai cadangan.

Kunci dari kesuksesan evR450 ini jelas pada bobot mobil yang sangat ringan. Varley Electric Vehicles menggunakan bahan super ringan untuk membuat bodi evR450 ini. Bahkan motor listrik yang digunakan pun kabarnya hanya berbobot sekitar 40kg tanpa induktor. Motor ini sendiri mampu menghasilkan daya sama dengan mesin 200 daya kuda dengan torsi sebesar 385 pound-feet.

Kalau semua berjalan sesuai rencana, mobil ini akan mulai dipasarkan tahun 2012 dengan label harga sebesar US$215 ribu.

Source: MotorAuthority/ Engadget

Artikel Otomotif Lainnya:
» Kalau Mobil BMW Bisa Bercakap-Cakap Dengan Sesamanya
» Teknologi Nissan Mampu Deteksi Objek Bergerak
» Shavit e-Bike Concept si Motor Bunglon
» Orphiro, Mirip Harley Tapi Tak Menggunakan BBM
» Mobil Nissan Bisa Membaca Pikiran Pengemudi

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s