Kalau Mobil BMW Bisa Bercakap-Cakap Dengan Sesamanya

BMW car-to-x

Ponsel cerdas sudah bukan barang baru. Sekarang alat komunikasi ini sudah bisa menyamai kinerja komputer. Belakangan, bukan cuma ponsel saja yang jadi cerdas. Beberapa barang yang sudah jadi bagian dari hidup kita pun ikut-ikutan jadi cerdas. Sekarang BMW sedang mengembangkan teknologi yang memungkinkan mobil saling berkomunikasi. Harapannya, di masa depan nanti, kepiawaian mengemudi tak lagi jadi sesuatu yang wajib dimiliki karena mobil sudah bisa menggantikan sebagian dari skill tadi.

Berbagai cara ditempuh pabrikan otomotif untuk membuat mobil produksi mereka lebih cerdas. Sistem peringatan akan terjadinya tabrakan sudah ada sejak beberapa waktu yang lalu. Saat itu sensor memang jadi andalan untuk mendeteksi situasi di luar mobil dan hasilnya akan diolah oleh komputer yang akan memprediksikan kemungkinan terjadinya kecelakaan. Memang cukup akurat namun akan lebih akurat lagi kalau antar mobil bisa ‘bercakap-cakap’ dan memberikan informasi tambahan.

Teknologi yang dikembangkan BMW ini memungkinkan mobil mereka memancarkan informasi pada mobil lain lewat gelombang. Data yang dikirim ini bisa berupa informasi kemacetan, kecelakaan, sampai kondisi cuaca. Dengan informasi tambahan ini, peranti lunak yang ada di dalam mobil bisa membuat prediksi lebih akurat yang akan sangat membantu pengemudi. Nantinya, BMW berharap bisa menggunakan jaringan seluler dan mengakses data dari sistem traffic light untuk membuat teknologi mereka lebih bisa diandalkan.

Source: Engadget

Artikel Otomotif Lainnya:
» Teknologi Nissan Mampu Deteksi Objek Bergerak
» Shavit e-Bike Concept si Motor Bunglon
» Orphiro, Mirip Harley Tapi Tak Menggunakan BBM
» Mobil Nissan Bisa Membaca Pikiran Pengemudi
» BMW Concept e Scooter Akhirnya Mulai Dipamerkan

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s