Mengubah Bra Menjadi Bahan Bakar

Mengubah Bra Menjadi Bahan Bakar

Di Jepang, bra ternyata bukan sekedar pakaian wanita. Bra juga bisa berguna untuk industri, terutama sebagai bahan bakar generator dan boiler. Bahkan dalam beberapa tahun belakangan ini, para produser bra seperti Triumph dan Wacoal berusaha keras mengumpulkan bra-bra bekas untuk mereka olah menjadi bahan bakar yang mereka sebut refuse paper and plastic fuel (RPF). Hasilnya pun bukan sekedar bisa menjadi bahan bakar tapi sudah bisa mengimbangi tingkat efisiensi bahan bakar hasil tambang.

Sampai saat ini kabarnya Triumph dan Wacoal sudah berhasil mengumpulkan lebih dari 380 ribu bra dan menghasilkan sekitar 32 ton RPF. RPF ternyata memiliki kemampuan sama dengan batubara dengan biaya produksi empat kali lebih murah. Sebenarnya bukan hanya bra saja yang bisa digunakan untuk memproduksi RPF. Beberapa barang seperti kertas terlaminasi, film, atau polyethylene terephthalate (PET) yang biasanya digunakan untuk membuat botol minuman juga bisa dijadikan bahan pembuat RPF.

Kalau RPF bisa dibuat dari banyak barang, kenapa bra yang diekspos? Ternyata, memproduksi RPF dari bra ini tak hanya sekedar usaha mencari sumber energi alternatif selain hasil tambang. Konon, wanita Jepang merasa enggan membuang bra yang tak mereka pakai lagi karena takut ‘barang pribadi’ mereka ini akan diambil orang-orang yang punya penyakit kejiwaan. Jadi, program yang dijalankan Triumph dan Wacoal ini juga punya dampak sosial buat masyarakat Jepang.

Source: Cnet

Artikel Tekno Lainnya:
» Karpet Terbang Dari Selembar Plastik
» Jangan Bohong di Depan Kamera
» Komputer Juga Bisa Mendeteksi Karakter Manusia
» Tacit, Sarung Tangan Buat Tunanetra
» Kulit Kebal Peluru Dengan Teknologi Canggih

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s