Karpet Terbang Dari Selembar Plastik

Karpet Terbang

Jumlah pengguna jalan raya semakin hari semakin meningkat. Rasanya sudah tidak ada lagi jalanan yang tidak macet. Membatasi kepemilikan kendaraan bermotor jelas sangat susah apalagi kalau harus memaksa pengguna jalan raya untuk memanfaatkan sarana transportasi umum. Lalu apa solusinya? Kenapa tidak menggunakan karpet terbang seperti Aladin saja? Itu kan hanya dongeng. Well, bisa jadi suatu saat nanti karpet terbang bakal benar-benar ada. Sekarang saja sudah ada penelitian ke arah sana.

Jangan terburu optimis. Penelitian yang ada saat ini baru sampai pada tahap mengangkat selembar plastik ke udara dan membuatnya bergerak maju. Tidak ada penumpang, tidak ada beban apa pun di atasnya. Hanya selembar plastik saja. Artinya, untuk mencapai tingkat yang memungkinkan lembaran plastik tadi jadi alat transportasi masih bakal memakan waktu yang sangat panjang.

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Princeton University ini menggunakan selembar plastik selebar 10cm. Dengan memanfaatkan aliran listrik, para peneliti tadi berhasil membentuk gelembung udara yang bergerak mengalir dan mendorong lembaran plastik tadi ke depan. Jangan berharap plastik ini bisa bergerak cepat karena saat ini kecepatan tertinggi yang bisa ditempuh baru 1cm per detik. Dengan beberapa perbaikan, diharapkan kecepatan ini bisa ditingkatkan meski lagi-lagi masalah beban yang bakal jadi penghalang.

Source: Ubergizmo

Artikel Tekno Lainnya:
» Jangan Bohong di Depan Kamera
» Komputer Juga Bisa Mendeteksi Karakter Manusia
» Tacit, Sarung Tangan Buat Tunanetra
» Kulit Kebal Peluru Dengan Teknologi Canggih
» Sidik Jari Mengungkap Lebih Dari Sekedar Identitas

One thought on “Karpet Terbang Dari Selembar Plastik

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s