Mobil Nissan Bisa Membaca Pikiran Pengemudi

Nissan Mind Reading CarAnda mungkin sudah pernah mendengar teknologi yang memungkinkan mobil berjalan sendiri tanpa pengemudi. Anda mungkin juga sempat melihat bagaimana kursi roda bisa berjalan hanya dengan perintah dari pikiran penggunanya. Sebenarnya berapa akurat sih sistem pembacaan pikiran yang diterapkan dalam alat transportasi ini? Mungkin tidak terlalu akurat tapi sekarang Nissan sedang menjajaki kemungkinan untuk meningkatkan nilai akurasi tadi.

Bekerja sama dengan Ecole Polytechnique Federale de Lausanne (EPFL) di Swiss, Nissan mulai merancang sistem yang memungkinkan pengemudi memerintahkan mobil untuk melakukan manuver seperti belok kiri atau kanan tanpa harus menguras energi. Teknologi yang ada saat ini memang membutuhkan konsentrasi penuh agar sinyal yang dikirim otak ke mobil bisa lebih akurat. Teknologi yang dikenal dengan BMI (Brain-Machine Interface) ini sendiri sempat dikembangkan oleh Berlin Institute of Technology dalam hal pengereman.

Para peneliti di EPFL yang dipimpin oleh Profesor Jose del R. Millan menggunakan analisa statistik yang memungkinkan BMI ‘meramalkan’ keinginan pengemudi. Data ini diambil dari brain scan, gerakan mata yang digabungkan dengan data tentang lingkungan di sekitar mobil yang ditangkap oleh sensor yang terpasang. Memang masih belum mencapai tahap sempurna dan masih perlu waktu panjang untuk bisa mengklaim teknologi ini bisa dipakai dengan aman di jalan raya namun paling tidak bisa dibayangkan bagaimana mobil masa depan berinteraksi dengan pengendaranya.

Source: Cnet

Artikel Otomotif Lainnya:
» BMW Concept e Scooter Akhirnya Mulai Dipamerkan
» F 125, Mobil Masa Depan Versi Mercedes-Benz
» BMW i8 Akan Dilengkapi Lampu Laser
» Volkswagen NILS, Tak Bisa Jalan Jauh
» Hyundai Concept Motorcycle Selentur Otot Manusia

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s