Jangan Bohong di Depan Kamera

Lie Detecting CameraBohong memang bukan pekerjaan mudah walaupun mungkin kadar ini berbeda pada masing-masing orang. Yang sudah terlatih berbohong mungkin tak akan mengalami terlalu banyak kesulitan sementara yang belum terbiasa mungkin akan gugup setengah mati. Tapi jangan buru-buru yakin kalau kebohongan Anda tak akan ketahuan karena dengan kamera saja kebohongan Anda bisa terdeteksi. Tunggu saja sampai teknologi yang dikembangkan ilmuwan Inggris ini mulai digunakan secara umum.

Teknologi detektor kejujuran mungkin bukan sesuatu yang baru. Tahun 2003 lalu, National Academy of Sciences berhasil mencatatkan tingkat akurasi 85% dengan menggunakan polygraph. Sekarang, tingkat akurasi itu bakal dinaikkan lagi sampai 90% dengan cara menggabungkan beberapa pendekatan termasuk detektor aliran darah dan ekspresi wajah.

Hassan Ugali dari Bradford University adalah orang yang mengawali penelitian ini. Bersama rekan-rekannya dari Aberystwyth University dan U.K. Border Agency, Hassan Ugali memulai penelitiannya dengan memanfaatkan kamera dan sensor panas untuk menangkap aliran darah dan ekspresi wajah subjek.

Intinya, kamera ini akan menangkap gambar subjek dan kemudian hasilnya akan dianalisa oleh aplikasi khusus yang akan menjadi filter. Tanda-tanda kebohongan seperti gerakan mata, pernafasan yang tidak stabil termasuk membengkaknya pembuluh darah di sekitar mata. Sekarang ini, alat yang dibuat Hassan Ugali ini sudah mencapai tingkat akurasi 2/3. Nantinya, alat ini akan diujicobakan dalam kehidupan nyata untuk mengumpulkan lebih banyak data lagi. Dalam waktu satu tahun, Hassan Ugali berharap tingkat akurasi alat ini sudah mencapai 90% dan bisa diaplikasikan oleh penegak hukum atau petugas di bandara.

Source: Cnet

Artikel Tekno Lainnya:
» Komputer Juga Bisa Mendeteksi Karakter Manusia
» Tacit, Sarung Tangan Buat Tunanetra
» Kulit Kebal Peluru Dengan Teknologi Canggih
» Sidik Jari Mengungkap Lebih Dari Sekedar Identitas
» Nantinya, Komputer Tidak Lagi Memerlukan Layar

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s