Samsung Bikin Kamera Compact Jadi [Mirip] DSLR

Depth of FieldSelain harganya yang relatif lebih mahal, kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR) juga lebih sulit dioperasikan ketimbang kamera saku alias point-and-click. Masalahnya, kamera mungil ini juga punya keterbatasan. Dibanding kamera DSLR, kualitas hasil bidikan kamera compact memang terlihat lebih ‘datar’. Masalah ini sepertinya bakal sedikit teratasi kalau eksperimen Samsung ini sudah jadi kenyataan. Paling tidak, hasil bidikan kamera saku juga bakal punya depth of field.

Depth of field sendiri bukanlah sesuatu yang asing buat mereka yang akrab dengan kamera DSLR. Gambar jadi terlihat lebih dinamis karena objek yang jadi fokus terlihat tajam sementara benda lain yang berada jauh dari objek terlihat blur. Kalau sebelumnya, efek ini tak bisa didapat dari kamera point-and-click, kecuali menggunakan aplikasi pengolah gambar semacam Photoshop, sebentar lagi Anda tidak perlu repot-repot. Kamera saku yang dirancang Samsung ini bakal mengurus semuanya buat Anda.

Pada dasarnya, paten yang diajukan Samsung ini melibatkan dua buah lensa yang bekerja bersamaan, mirip pada konsep kamera 3D. Lensa utama akan mengambil gambar dalam resolusi penuh sementara lensa kedua akan membuat kalkulasi jarak antara objek dengan latar belakang. Hasil kalkulasi inilah yang kemudian dijadikan ‘depth map’ untuk menentukan mana objek yang dibuat fokus dan mana yang harus mendapat efek blur.

Sebenarnya proses ini bisa dilakukan dengan menggunakan Photoshop, tapi kalau kamera pocket Samsung bisa melakukannya secara otomatis, kenapa kita repot-repot?

Source: Engadget

Artikel Tekno Lainnya:
» Komputer Juga Bisa Mendeteksi Karakter Manusia
» Tacit, Sarung Tangan Buat Tunanetra
» Kulit Kebal Peluru Dengan Teknologi Canggih
» Sidik Jari Mengungkap Lebih Dari Sekedar Identitas
» Nantinya, Komputer Tidak Lagi Memerlukan Layar

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s