Kalau Gitar Sudah Masuk Era Digital

Gitar Laser

Selama ini banyak musisi yang anti format digital terutama dalam proses rekaman. Tak bisa disalahkan karena format digital memang belum bisa sepenuhnya mereplika format analog terutama dalam kualitas suara. Dari sekian banyak instrumen musik, gitar barangkali adalah instrumen yang paling jarang mendapat sentuhan dunia digital. Well, beberapa kali memang sempat ada usaha men-digital-kan gitar namun tak terlalu menuai sukses. Kini ada pendekatan baru yang mungkin bakal mengubah masa depan gitar.

Pada dasarnya teknologi gitar yang bakal diproduksi M3i Technologies ini adalah gitar elektrik biasa. Bedanya, di bagian bridge dipasang laser diode yang bakal memancarkan sinar laser sepanjang dawai gitar. Dengan menggunakan teknologi Laser Pitch Detection (LPD), alat tambahan ini akan mendeteksi chord atau nada apa yang sedang dimainkan. Ini diambil dari panjang sinar laser yang diukur dari laser diode dan jari pemain gitar.

Data ini kemudian dikirim ke komputer yang telah dilengkapi software yang akan mendefinisikan panjang sinar laser tadi menjadi tinggi nada. Selanjutnya informasi ini bisa diolah dalam software recording untuk menghasilkan musik berformat MIDI. Sayangnya, menurut Cnet.com, teknologi ini masih dalam tahap pengembangan dan belum akan dipasarkan sampai tahun depan. Tak jelas bagaimana tanggapan para gitaris yang selama ini masih anti digital. Bisa jadi teknologi ini tak akan mendapat sambutan namun bukan tak mungkin pula gitar laser ini bakal jadi tren di masa depan.

Source: Cnet

Artikel Gadget Lainnya:
» HTC Flex Concept, Pakai Tiga Layar
» GScreen SpaceBook, Notebook Yang Tak Puas Dengan Satu Layar
» Ponsel Ini Dirancang Buat Yang Maniak SMS
» Ini Bukan Sekedar Cincin, Tapi Ponsel Juga
» Kalau Ini Kamera, Bagaimana Mengoperasikannya?

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s