Mengerem Mobil Dengan Kekuatan Otak

Brain Brake

Rem adalah salah satu komponen penting dari kendaraan. Perkembangan teknologi otomotif pun akhirnya melirik komponen penting ini sebagai salah satu fitur untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas. Sebenarnya teknologi baru ini bukan memperbaiki komponen dari rem itu sendiri namun lebih pada peningkatan kemampuan pengereman. Nantinya, rem akan mampu membaca sinyal otak dan melakukan pengereman bahkan sebelum kaki menginjak pedal rem.

Memang ada jeda waktu antara saat pengemudi bermaksud menginjak rem dan respon yang dilakukan otot kaki. Meski tak seberapa namun waktu itu bisa dikurangi seandainya tidak ada pengiriman perintah antara otak dan kaki. Intinya, otak akan mengirim sinyal langsung ke mekanisme rem sehingga mengurangi waktu pengereman sekitar 130 milisecond. Tak sampai satu detik memang tapi dalam kondisi tertentu ini sudah sangat membantu.

Dengan menggunakan electroencephalography atau EEG, para peneliti kini mencoba mengurangi dampak kecelakaan akibat tabrakan dengan kendaraan lain. Hasil pembacaan EEG ini digabungkan dengan teknologi sensor lalu lintas yang sudah ada dan mampu mendeteksi ‘keinginan’ pengemudi untuk menginjak rem. Hasilnya, dengan berkurangnya jeda waktu, mobil berkecepatan 100km/j bisa berhenti 3.66 meter lebih awal dibanding proses pengereman biasa.

Masalahnya, teknologi ini sepertinya masih harus mengalami penyempurnaan dan paling tidak bisa diproduksi secara massal dengan harga yang tak terlalu mahal sebelum akhirnya bisa jadi fitur standar kendaraan yang beredar di pasaran.

Source: Ubergizmo

Artikel Otomotif Lainnya:
» Dua Jagoan BMW di Pasar Mobil Elektrik
» Akhirnya BMW Ikut Bermain di Ladang Motor Elektrik
» Berbagi Mobil Dengan Citroen M Concept
» Trident Iceni, Mahal Tapi Irit dan Ramah Lingkungan
» Lama-Lama Mobil Juga Bisa Jalan Sendiri Tanpa Sopir

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s