Dua Jagoan BMW di Pasar Mobil Elektrik

BMW i3

BMW memang bukan nama baru di dunia otomotif. Pabrikan yang berbasis di Jerman ini sudah malang melintang sejak tahun 1916. Kalau sebelumnya dikabarkan bahwa BMW bakal melepas skuter elektrik, kali ini dua jagoan diturunkan di kelas mobil berbahan bakar listrik. BMW memberi nama dua mobil ini i3 dan i8. Masing-masing menawarkan keunggulan mereka sendiri-sendiri.

Dua unggulan baru di kelas mobil elektrik ini bukan modifikasi dari produk bermesin konvensional. Dari awal, BMW memang merancang mobil ini sebagai mobil elektrik. BMW i3 dirancang untuk lingkungan perkotaan dan awalnya disebut sebagai MegaCity Vehicle. Mobil ini menggunakan motor elektrik 125kW yang sanggup menempuh jarak sejauh 128km. Kecepatan 100kmj bisa dicapai dalam hitungan kurang dari 8 detik, tak beda banyak dengan kebanyakan mobil elektrik yang beredar saat ini. Untuk mengisi ulang baterainya pun hanya diperlukan waktu sekitar satu jam saja.

BMW i8

BMW i8 saat ini memang masih berstatus konsep namun bukan berarti mobil ini tak akan masuk masa produksi nantinya. i8 adalah plug-in hybrid yang dibuat berdasarkan konsep Vision EfficientDynamics yang dipamerkan dalam ajang Frankfurt Auto Show 2009 lalu. Saat menggunakan tenaga baterai, mobil ini sanggup menempuh jarak sekitar 32km. Setelah itu, sumber tenaga akan beralih ke mesin konvensional berkapasitas 3.000cc. Meski kecepatan maksimum dibatasi hanya sampai 215kmj namun akselerasi mobil ini tak bisa dianggap sepele. Kecepatan 100kmj bisa dicapai dalam hitungan kurang dari 5 detik.

BMW i3 kabarnya bakal mulai dipasarkan tahun 2013 sementara BMW i8 baru akan diluncurkan satu tahun kemudian.

Source: Cnet

Artikel Otomotif Lainnya:
» Akhirnya BMW Ikut Bermain di Ladang Motor Elektrik
» Berbagi Mobil Dengan Citroen M Concept
» Trident Iceni, Mahal Tapi Irit dan Ramah Lingkungan
» Lama-Lama Mobil Juga Bisa Jalan Sendiri Tanpa Sopir
» Volvo Mulai Melirik Penggunaan Flywheel

One thought on “Dua Jagoan BMW di Pasar Mobil Elektrik

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s