Nantinya, Komputer Tidak Lagi Memerlukan Layar

Touch PC

Komputer memang telah mengalami perubahan bentuk dari bentuk awalnya dulu. Kalau semula komputer berukuran sebesar kamar dan tak bisa dibawa ke mana-mana, sekarang sudah ada notebook yang berukuran sangat kecil bila dibanding generasi pertama alat komputasi itu. Nantinya, ukuran ini akan semakin mengecil dan bisa jadi ukuran alat komputasi ini tak akan lebih besar dari bungkus rokok.

PC memang sudah jadi barang usang sejak makin banyaknya pengguna notebook. Ukuran notebook kemudian semakin menyusut dengan munculnya netbook dan kini netbook sudah mulai digantikan oleh tablet yang jelas lebih ringkas lagi. Menjadikannya lebih kecil mungkin tak terlalu masalah meskipun lagi-lagi kendalanya adalah kenyamanan pengguna dan tingkat ergonomis dari peranti komputasi itu sendiri.

Adalah impian Jakub Záhor untuk membuat peranti komputasi ini jauh lebih kecil lagi dan hasilnya adalah rancangan komputer yang tak memerlukan layar ini. Pada dasarnya, peranti ini hanya terdiri dari CPU atau unit pemroses utama saja, tanpa monitor dan bahkan tanpa peranti input. Lalu bagaimana cara berinteraksi dengan komputer ini kalau tidak ada mouse, keyboard dan layar monitor?

Sederhana. CPU ini harus dihubungkan dengan permukaan yang nantinya akan jadi layar sekaligus peranti input. Idealnya, CPU impian Jakub Záhor ini dihubungkan dengan permukaan kaca. Nantinya, semua aktivitas akan ditampilkan pada permukaan kaca ini yang juga akan berfungsi sebagai peranti input layaknya touchscreen. Yang jadi kendala, baterai yang memberi daya CPU ini harus cukup besar sekaligus mampu bertahan lama atau konsep ini hanya akan jadi konsep yang tak berguna.

Source: Ubergizmo

Artikel Tekno Lainnya:
» Bayangkan Kalau Lidah Sudah Diganti Robot
» Wah, Kebohongan Bisa Dideteksi Hanya Dengan Kacamata!
» Dengan Teknologi Nano, Baterai Tak Perlu Diisi Ulang
» Otak Manusia Bisa Memprediksikan Popularitas Lagu
» Google Pun Sekarang Sudah Bisa Mencari Gambar

2 thoughts on “Nantinya, Komputer Tidak Lagi Memerlukan Layar

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s