Bayangkan Kalau Lidah Sudah Diganti Robot

Lidah Elektronik

Bisa jadi organ perasa kita yang paling sensitif adalah lidah. Entah berapa juta rasa yang bisa dideteksi alat perasa berukuran kecil ini. Manis, pahit, asam, asin dan bukan cuma itu, lidah juga bisa mengirim data tentang tingkat dari masing-masing rasa ke otak untuk diproses. Bayangkan kalau nantinya robot pun bisa melakukan proses yang sama dan fungsi lidah tak lagi diperlukan. Bisa jadi juga nantinya semua orang bisa memasak seperti Masterchef dengan bantuan lidah elektronik ini.

Untuk sampai jadi Masterchef mungkin belum karena akan ada banyak tahapan yang harus diselesaikan para ilmuwan di Spanyol ini. Meskipun begitu bukan berarti impian itu tak akan terwujud. Paling tidak sekarang para ilmuwan di Universitat Politècnica de València (UPV) ini sudah berhasil mengembangkan tahap awal lidah elektronik. Rangkaian sensor dan komputer ini sudah mampu ‘merasakan’ antioxidant powder termasuk buah dan produk hasil olahan buah.

Mereka menggunakan sederet alat sensor yang dihubungkan ke komputer. Sebuah peranti lunak yang sudah disediakan akan mengukur kadar antioksidan dan menyajikan datanya lewat monitor. Memang masih sangat sederhana namun dari sana saja sudah terlihat bakal seperti apa lidah elektronik ini nanti. Hanya soal waktu sebelum akhirnya ‘lidah’ buatan ini bisa menebak buah apa yang sedang ‘dirasakan’. Anda yang berprofesi sebagai chef tak perlu merasa terancam dengan teknologi ini. Selain masih perlu waktu panjang untuk menyempurnakan ‘lidah elektronik’ ini, bisa jadi alat ini malah membuat pekerjaan Masterchef jadi semakin mudah.

Source: Ubergizmo

Artikel Tekno Lainnya:
» Wah, Kebohongan Bisa Dideteksi Hanya Dengan Kacamata!
» Dengan Teknologi Nano, Baterai Tak Perlu Diisi Ulang
» Otak Manusia Bisa Memprediksikan Popularitas Lagu
» Google Pun Sekarang Sudah Bisa Mencari Gambar
» Wah, Ada Ponsel Yang Tak Terlihat Mata!

2 thoughts on “Bayangkan Kalau Lidah Sudah Diganti Robot

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s