Wah, Kebohongan Bisa Dideteksi Hanya Dengan Kacamata!

Emotion Detector

Perasaan memang sesuatu yang sangat pribadi. Berbagai cara digunakan orang untuk mencari tahu apa yang tersembunyi di balik ekspresi wajah, nada bicara sampai gesture lain yang katanya mengungkap lebih dari kata-kata yang diucapkan. Untuk mencapai tingkat akurasi tinggi memang diperlukan latihan berkali-kali tapi dengan kacamata ini, membaca apa yang dirasakan orang lain bukanlah sesuatu yang susah. Jadi, sekarang, emosi dan perasaan bukan lagi sesuatu yang jadi misteri.

Ini memang baru dalam tahap eksperimen namun bisa dipastikan tak lama lagi alat pendeteksi emosi berbentuk kacamata ini sudah mencapai tahap sempurna. Belum jelas bagaimana wujud dari kacamata pendeteksi emosi ini tapi dari deskripsi yang beredar, sepertinya bentuknya tak beda dengan kacamata biasa. Kalaupun ada yang sedikit berbeda mungkin adalah earphone yang terpasang pada kacamata ini. Sebenarnya bukan kacamatanya yang istimewa. Beberapa alat lain dipasang pada kacamata yang menjadi kamuflase dari detektor emosi ini.

Ada kamera berukuran sangat kecil yang terpasang pada kacamata ini. Gambar yang direkam oleh kamera ini kemudian dikirim ke komputer mini berukuran sebesar kartu memori untuk dianalisa. Hasil analisa ini kemudian dikirim ke pengguna kacamata lewat lampu LED. Kalau LED menyala merah maka artinya data yang diolah memunculkan hasil negatif sementara kalau LED hijau yang menyala artinya positif. Di saat yang bersamaan, hasil analisa berupa suara akan dikirim melalui earphone yang terpasang pada kacamata ini.

Kacamata unik ini adalah hasil penelitian Rosalind Picard dari MIT dan Rana el Kaliouby dari University of Cambridge, Inggris. Sayangnya, sampai sekarang belum ada informasi apakah kacamata ini bakal dipasarkan secara komersil saat sudah mencapai tahap sempurna nanti.

Source: Ubergizmo

Artikel Tekno Lainnya:
» Dengan Teknologi Nano, Baterai Tak Perlu Diisi Ulang
» Otak Manusia Bisa Memprediksikan Popularitas Lagu
» Google Pun Sekarang Sudah Bisa Mencari Gambar
» Wah, Ada Ponsel Yang Tak Terlihat Mata!
» Wah, Ada Ponsel Yang Tak Terlihat Mata!

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s