Dengan Teknologi Nano, Baterai Tak Perlu Diisi Ulang

Nanotechnology

Sekarang zamannya smartphone. Ponsel tanpa kemampuan komputasi bakal tergeser. Coba saja lihat di pasaran. Harga smartphone semakin terjangkau dan tidak ada alasan untuk tetap mempertahankan ponsel dengan kemampuan terbatas. Masalahnya, dengan kemampuan tinggi dan kinerja prima, smartphone jelas menguras tenaga lebih banyak. Alhasil, baterai yang dulu bisa menyuplai daya ponsel hingga lebih dari satu hari kini tak lagi bisa berbuat banyak. Solusinya memang memperbesar kapasitas yang artinya membuat ponsel jadi lebih tambun, kecuali jika penelitian teknologi nano ini berhasil.

RMIT University di Melbourne sedang meneliti kemungkinan mengisi ulang baterai dengan cara yang sangat praktis. Anda tidak perlu direpotkan mencari sumber daya listrik. Anda juga tidak harus berpanas-panas di bawah terik sinar matahari untuk mengisi ulang baterai. Yang harus Anda lakukan hanyalah bermain-main dengan smartphone Anda. Anda bisa bermain game, mengetik SMS, chatting, Tweeting atau apapun yang biasanya Anda lakukan dengan smartphone Anda. Itu saja!

Mengoperasikan smartphone jelas mengonsumsi daya tapi para ilmuwan di Melbourne ini mendapati bahwa ada energi yang bisa didapat dari sentuhan jari-jari Anda ke layar smartphone. Itu kalau smartphone Anda sudah menggunakan layar sentuh. Mereka memasang lapisan tipis yang berisi microchip pada layar smartphone dan sentuhan jari Anda akan membantu lapisan ini untuk menjaring energi yang dihasilkan. Artinya, semakin sering Anda mengutak-atik smartphone, maka semakin banyak juga energi yang dikirim ke baterainya. Sayangnya belum jelas seberapa tinggi efisiensi teknologi ini.

Source: Ubergizmo

Artikel Tekno Lainnya:
» Otak Manusia Bisa Memprediksikan Popularitas Lagu
» Google Pun Sekarang Sudah Bisa Mencari Gambar
» Wah, Ada Ponsel Yang Tak Terlihat Mata!
» Wah, Ada Ponsel Yang Tak Terlihat Mata!
» Twitter dan Facebook Dilarang Masuk TV Perancis!

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s