Otak Manusia Bisa Memprediksikan Popularitas Lagu

Brain Activity

Apa yang membuat sebuah lagu bisa populer? Nama artis? Trik marketing label? Atau justru lagu itu sendiri? Bisa jadi semua faktor di atas memiliki andil dalam menentukan popularitas sebuah lagu. Yang pasti, hasil penelitian menunjukkan kalau otak manusia ternyata memiliki kemampuan untuk memprediksikan lagu mana yang bakal populer dan lagu mana yang bakal gagal di pasaran. Bagaimana caranya?

Penelitian ini dilakukan terhadap 27 orang remaja berusia 12 sampai 17 tahun. Bisa jadi range usia ini diasumsikan sebagai konsumen musik pop yang aktif. Kemudian, para peneliti dari Emory University meminta 27 remaja ini mendengarkan 120 lagu dari MySpace. Lagu-lagu yang diputar ini bukan milik musisi besar yang sudah dikenal baik oleh publik. Para peneliti sengaja memilih artis yang belum dikenal atau yang belum punya kontrak rekaman. Saat para remaja ini mendengarkan musik, para peneliti merekam gelombang otak mereka menggunakan fMRI (functional Magnetic Resolution Imaging). Remaja ini juga diminta memberikan rating (1 sampai 5) pada tiap-tiap lagu yang mereka dengarkan.

Kesimpulannya, data yang didapat dari penelitian ini membuktikan kalau otak memiliki kemampuan memprediksikan popularitas lagu. Ini dibuktikan dari hasil penjualan track yang dihitung antara tahun 2007 sampai 2010 lalu. Menariknya lagi, ternyata rating yang mereka berikan sama sekali tidak ada hubungannya dengan sukses tidaknya sebuah lagu. Otak mereka yang memprediksikannya dengan tepat. Sebenarnya penelitian ini bertujuan mencari tahu bagaimana otak bekerja dalam membuat keputusan dan memahami fenomena kultur dan tren namun yang pasti, industri musik bisa jadi akan memanfaatkan informasi ini untuk kepentingan bisnis.

Source: Ubergizmo

Artikel Tekno Lainnya:
» Google Pun Sekarang Sudah Bisa Mencari Gambar
» Wah, Ada Ponsel Yang Tak Terlihat Mata!
» Wah, Ada Ponsel Yang Tak Terlihat Mata!
» Twitter dan Facebook Dilarang Masuk TV Perancis!
» Apple Bikin Keyboard Yang Tak Perlu Disentuh

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s