Volvo Mulai Melirik Penggunaan Flywheel

Volvo Flywheel Kers

Beberapa bulan yang lalu Porsche sempat memamerkan produk konsep mereka yang memasang flywheel sebagai salah satu cara untuk menghemat bahan bakar. Volvo sebenarnya sudah sempat membuat eksperimen di tahun 1980-an namun saat itu flywheel dianggap tidak efisien lantaran bobotnya yang kelewat berat. Kini, masalah bobot itu sudah bisa diatasi dan Volvo mulai melirik lagi kemungkinan menggunakan flywheel.

Sebenarnya teknologi yang sama sudah diterapkan Ferrari, Renault, BMW, dan McLaren di ajang balap F1 namun penerapan di jalan raya sepertinya masih belum ada. Pemerintah Swedia sudah memberi restu untuk memasang teknologi KERS (Kinetic Energy Recovery System) pada mobil produksi Volvo nanti. Kabarnya, mobil dengan teknologi KERS ini bakal mulai berseliweran di sana sekitar tahun 2013 nanti.

Volvo Flywheel Kers

Konsepnya sebenarnya sama dengan yang dianut mobil hybrid. Tenaga yang didapat dari pengereman disimpan untuk kemudian dialihkan menjadi tenaga penggerak saat diperlukan. Bedanya, KERS tidak memerlukan baterai untuk menyimpan energi tadi. Volvo akan memasang roda gila alias flywheel di poros roda belakang. Saat pengemudi menginjak rem, otomatis flywheel akan berputar dan menyimpan energi yang didapat dari pengereman ini. Saat pengemudi menginjak gas, flywheel ini akan mengirim energi ke poros roda belakang.

Volvo menggunakan flywheel yang terbuat dari serat karbon dengan bobot sekitar 6kg yang disimpan dalam ruang kedap udara untuk mengurangi gesekan. Flywheel ini bisa berputar hingga 60 ribu rpm dan menghasilkan daya sekitar 80 daya kuda. Kabarnya dengan sistem ini, mobil Volvo bisa menghemat BBM sekitar 20 persen.

Source: Cnet

Artikel Otomotif Lainnya:
» Amarok P1, Elektrik Juga Bisa Ngebut!
» Zero XU, Motor Elektrik Yang Tak Merepotkan
» Scion FR-S Concept, Ini Hasil Kerja Sama Toyota-Subaru
» ESFLOW, Konsep Mobil Elektrik dari Nissan
» Ini Dia VW Kodok Generasi Baru!

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s