Nokia – Samsung Mulai Lirik Energi Matahari

Samsung NC215S

Sekarang fungsi gadget memang sudah jauh lebih kompleks dari beberapa tahun yang lalu. Dengan ukuran yang tak terlalu besar, peranti elektronik ini kini sudah mampu mengerjakan banyak pekerjaan. Jelas ini mengonsumsi daya lebih besar dan usaha untuk meningkatkan efisiensi tiap komponen pun sudah dilakukan. Tapi itu belum cukup karena kadang ada kondisi saat baterai kehabisan daya sementara sumber daya listrik untuk mengisi ulang baterai tak bisa ditemukan. Apa yang bisa dilakukan? Melihat ke atas tentu saja. Sekarang Nokia dan Samsung mulai meneliti kemungkinan menggunakan energi matahari sebagai sumber daya bagi peranti produksi mereka.

Di saat yang hampir bersamaan, Nokia dan Samsung mulai mengadakan pendekatan pada teknologi yang sebenarnya bukan baru ini. Nokia sendiri baru saja membuat empat buah ponsel Nokia C1-02 yang sudah dilengkapi solar cell di bagian belakangnya. Di dalam ponsel ini juga ada chip yang akan merekam seberapa banyak cahaya matahari yang diserap ponsel ini selama penggunaan normal. Empat ponsel ini dikirim ke Kenya, Utsjoki, Swedia dan Laut Baltik. Empat ponsel ini diuji oleh empat orang dengan profesi berbeda untuk mengetahui seberapa efektif usaha ini.

Nokia C1-02

Samsung sendiri sudah selangkah lebih maju. Samsung sempat mengadakan penelitian yang sama namun usaha itu mereka anggap gagal karena pada akhirnya ponsel tak mendapat cukup banyak sinar matahari. Ini bukan akhir perjalanan Samsung karena pabrikan ini baru saja mengumumkan bakal diluncurkannya netbook yang akan dilengkapi dengan solar cell. Samsung NC215S ini berukuran layar 10,1 inci, menggunakan prosesor Intel Atom N570 dual-core berkecepatan 1,66GHz, dan RAM sebesar 1GB. ‘Menjemur’ netbook ini selama 2 jam sama artinya dengan menambah daya baterai selama kurang lebih 1 jam.

Source: Ubergizmo.com

Artikel Gadget Lainnya:
» Gara-Gara Crux Loaded, iPad Malah Jadi Notebook
» Dengan Dot, Kamera iPhone Bisa Merekam Gambar 360 Derajat
» ChromiumPC, PC Pertama Yang Menggunakan Chrome OS
» Keyboard Warna-Warni Yang Bisa Ditata Sesuai Keinginan
» Fujitsu LOOX F-07C, Ini Bukan Sekedar Smartphone

One thought on “Nokia – Samsung Mulai Lirik Energi Matahari

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s