ChromiumPC, PC Pertama Yang Menggunakan Chrome OS

ChromiumPCSaat Google merancang sistem operasi Chrome, OS ini memang didesain untuk bekerja pada notebook atau netbook. Mungkin saat itu Google mempertimbangkan bahwa umur PC alias komputer desktop memang sudah habis. Jangan kecewa, karena ternyata sistem operasi ini juga bisa digunakan pada PC dan Xi3 Corporation adalah perusahaan pertama yang membuktikan kalau sistem operasi ini juga bisa bekerja baik pada PC produksi mereka. Menariknya lagi, PC yang mereka sebut ChromiumPC ini dirancang untuk mudah di-upgrade bahkan oleh mereka yang tak terlalu paham soal hardware.

ChromiumPC ini dirancang sebagai modular computer alias komputer yang terdiri dari beberapa modul yang berisi komponen penting dalam PC. Ada tiga modul dalam ChromiumPC ini: Processor Module, Primary I/O Module, dan Secondary Module. Processor Module berisi prosesor dan RAM sementara Primary I/O Module berisi port-port komunikasi dengan peranti yang berada di luar PC. Ehternet, video dan koneksi power diletakkan pada Secondary Module.

ChromiumPC ini akan menggunakan prosesor 64 bit dual core maupun single core dengan arsitektur x86. Mesin ini akan ditempatkan dalam chasis berukuran 4.0 x 3.656 x 3.656 inci yang tersedia dalam berbagai warna termasuk yang dilapisi chrome. Sayangnya spesifikasi lain dari ChromiumPC ini belum beredar. Bisa jadi spesifikasi ini akan diumumkan sekitar pertengahan tahun nanti karena sekitar akhir tahun produk ini akan mulai diluncurkan.

Source: UberGizmo

Artikel Gadget Lainnya:
» Keyboard Warna-Warni Yang Bisa Ditata Sesuai Keinginan
» Fujitsu LOOX F-07C, Ini Bukan Sekedar Smartphone
» Fujitsu Flexbook, Bikin Notebook Jadi Lebih Ringkas
» Olympus LS-20M Ini Memang Tak Mirip Camcorder
» Generasi Baru Sony Ericsson Xperia Mini & Xperia Mini Pro

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s