Ini Layar Sentuh Yang Bahkan Tidak Perlu Disentuh

ZeroTouchTeknologi touchscreen memang bukan sesuatu yang baru. Teknologi ini sudah ada sejak lama meski namanya baru melambung seiring semakin populernya smartphone dan tablet. Rasanya fitur ini sudah hampir jadi fitur wajib ponsel cerdas dan peranti komputasi portable. Yang satu ini adalah perkembangan dari teknologi layar sentuh tadi. Menariknya, ZeroTouch ini malah sama sekali tak perlu benar-benar disentuh.

ZeroTouch memang bukan teknologi yang siap diproduksi masal. Layar sentuh yang tak perlu disentuh ini baru sampai pada tahap eksperimen saja namun bukan berarti barang ini tak mungkin beredar di pasaran. Ide dasarnya sebenarnya cukup sederhana. Kalau Anda sempat melihat film-film fiksi ilmiah tentang masa depan yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer tanpa harus menyentuh keyboard atau mouse, Anda pasti sudah tak asing dengan cara kerja ZeroTouch ini.

Area untuk berinteraksi dengan komputer ini berbentuk seperti bingkai lukisan yang kosong. Meski bagian tengah terlihat kosong namun pada kenyataannya ada permukaan yang tak nampak di sana. Para mahasiswa Texas A&M yang memuat ZeroTouch ini memasang banyak LED pada bingkai kosong ini. Bukan hanya LED, bingkai ini juga dilengkapi sensor inframerah sehingga praktis area di tengah yang terlihat kosong tadi jadi sebuah permukaan yang tak terlihat. Pada saat ada stylus atau jari yang ‘memutus’ komunikasi antara LED dan sensor inframerah tadi, maka perangkat lunak yang dihubungkan pada bingkai ini akan mendeteksi adanya sentuhan, mirip pada touchscreen.

Source: Engadget

Artikel Tekno Lainnya:
» Apple Bakal Menyusutkan SIM Card? (Lagi)
» DRAM Samsung Ini Bisa Mentransfer Data Hingga 12.8GB Per Detik
» Konsep Yang Bakal Mengakhiri Masalah Konektor USB
» Konsep Jembatan Yang Memberi Nilai Lebih
» Baterai Kertas Yang Bisa Mengisi Ulang Sendiri

2 thoughts on “Ini Layar Sentuh Yang Bahkan Tidak Perlu Disentuh

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s