Ini Dia VW Kodok Generasi Baru!

Volkswagen BeetleKalau tidak salah, generasi pertama Volkswagen Beetle alias VW Kodok beredar sekitar tahun 1930-an. Meski sudah berumur sangat tua namun sampai sekarang pun masih banyak orang yang mengagumi ‘kecantikan’ si kodok yang satu ini. Tahun 1998 lalu Volkswagen memutuskan meluncurkan versi baru dari Beetle namun kenyataannya, pamor si versi baru ini tak bisa menandingi generasi awalnya. Tak putus asa, sekarang VW kembali menyegarkan deretan produk Beetle-nya dengan melansir versi baru lagi.

Bentuk mirip kumbang memang masih tetap dipertahankan, sesuai dengan nama yang dipilih pabriknya. Meski begitu, dibandingkan dengan generasi New Beetle tahun 1998, yang ini sedikit lebih besar. Bodi bertambah lebar sekitar 3,3 inci dan sekitar 6 inci lebih panjang. Di saat yang sama Volkswagen memangkas tinggi Beetle ini 0,5 inci. Guratan Beetle memang masih terlihat meski kalau dilihat-lihat lagi Beetle baru ini jadi sedikit mirip Porsche.

Secara umum, Beetle baru ini terlihat lebih agresif dan dinamis. Sporty sepertinya adalah kata kunci yang jadi andalan Volkswagen kali ini. Kesan sporty dan agresif tadi berlanjut hingga ke kabin dalam yang juga terlihat sporty. Menurut Car and Driver, ada tiga pilihan mesin yang ditawarkan Volkswagen kali ini. Mesin 5 silinder berkapasitas 2,5 liter (170 hp, 177 lb-ft) dipasang sebagai mesin standar. Mesin ini dipadu dengan transmisi manual 5 percepatan atau slushbox 6 percepatan.

Volkswagen Beetle

Di atas versi standar itu ada mesin TDI diesel 2.0 yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 140 daya kuda dengan torsi sebesar 236 lb-ft. Kalau itu belum cukup, masih ada mesin berkapasitas 2 liter plus turbo yang sanggup melontarkan daya sebesar 200 hp dengan torsi sebesar 207 lb-ft.

Volkswagen Beetle

Source: Car and Driver

Artikel Otomotif Lainnya:
» Pasang Fitur Baru, Rilis Empulse Ditunda
» Jaguar C-X75 Concept Bakal Benar-Benar Diproduksi!
» Ferrari FF, Bukan Ferrari Biasa
» ZMP RoboCar MEV, Mobil Yang Bisa Berjalan Sendiri
» Porsche 918 RSR Concept, Pakai Wlywheel!

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s