DRAM Samsung Ini Bisa Mentransfer Data Hingga 12.8GB Per Detik

Samsung DRAMSeperti juga di bidang otomotif, teknologi di bidang gadget juga menggunakan dasar pemikiran yang kurang lebih sama: bagaimana mencapai kecepatan setinggi mungkin dengan konsumsi daya sekecil mungkin. Dengan pemikiran yang sama pula laboratorium Samsung kini membuat DRAM yang mampu mentransfer data dengan kecepatan tinggi namun tidak membuat baterai jadi cepat kehabisan daya. Dan sepertinya inovasi ini juga tidak akan berhenti sampai di sini.

Dalam berita yang dilansir Engadget beberapa waktu yang lalu disebutkan kalau Samsung kini sudah berhasil membuat modul DRAM 1Gb dengan interface I/O untuk smartphone dan tablet. Modul DRAM ini mampu mentransfer data dengan kecepatan 12.8GB/detik atau kurang lebih delapan kali lebih besar dari chip LPDDR2 DRAM. Bukan hanya itu, DRAM ini juga mampu menekan konsumsi listrik hingga 87%. Hebat kan?

Untuk meningkatkan kecepatan transfer data ini Samsung menggunakan 512 pin untuk input dan output dan bukannya 32 pin seperti generasi sebelumnya. Ini juga bukan akhir dari usaha Samsung untuk membuat kinerja smartphone dan tablet jadi lebih kencang. Ada rencana untuk mengembangkan 20nm-class 4Gb tahun 2013 nanti. Bagaimana hasilnya? Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Source: Engaget

Artikel Tekno Lainnya:
» Konsep Yang Bakal Mengakhiri Masalah Konektor USB
» Konsep Jembatan Yang Memberi Nilai Lebih
» Baterai Kertas Yang Bisa Mengisi Ulang Sendiri
» Teknologi 3D, Berbahaya Atau Tidak?
» Pasta Gigi Bisa Meramal Cuaca?

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s