Konsep Yang Bakal Mengakhiri Masalah Konektor USB

Double USB conceptUSB alias Universal Serial Bus memang diciptakan sebagai konektor yang bersifat universal dan mengakhiri kendala terlalu banyaknya tipe konektor yang beredar. Sayangnya, ide ini tidak bisa dibilang sempurna lantaran dalam prakteknya, konektor USB selalu merepotkan karena ia tidak bisa digunakan bila kita menancapkan peripheral dalam posisi terbalik. Kini kendala itu sepertinya bakal berakhir karena ada konsep menarik yang membuat USB bisa digunakan meski dalam posisi terbalik.

Sebenarnya desain port USB memang dirancang demi keamanan. Port ini tidak bisa digunakan bila peripheral yang ditancapkan dalam posisi terbalik. Memang aman, tapi di sisi lain, pengguna kadang harus mengulang proses karena USB yang mereka tancapkan dalam posisi terbalik. Bila Anda termasuk orang yang sering mengalami situasi ini, Anda pasti tahu persis bagaimana jengkelnya kalau harus bolak-balik memutar flash disk atau konektor printer misalnya.

Ma Xi Xuan adalah salah satu dari sekian banyak orang yang merasa terganggu dan memutuskan merancang sebuah USB extension yang memungkinkan pengguna menancapkan USB dalam posisi apa pun. Konsepnya cukup sederhana. Ada dua konektor di dalam port USB ini. Masing-masing konektor dilengkapi dengan pegas. Salah satu dari konektor ini akan terdorong ke dalam bila ada USB yang ditancapkan dan konektor yang lain yang akan berfungsi. Begitu juga sebaliknya.

Source: Engadget

Artikel Tekno Lainnya:
» Konsep Jembatan Yang Memberi Nilai Lebih
» Baterai Kertas Yang Bisa Mengisi Ulang Sendiri
» Teknologi 3D, Berbahaya Atau Tidak?
» Pasta Gigi Bisa Meramal Cuaca?
» Menggali Energi Dari Tubuh Manusia

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s