Konsep Jembatan Yang Memberi Nilai Lebih

Solar Wind BridgeIde ini memang tak sekedar brilian saja. Selain menjadi alat penghubung dua tempat yang terpisah oleh jurang, jembatan ini juga mampu menghasilkan energi listrik untuk orang-orang yang tinggal di sekitarnya. Lebih dari itu, desain jembatan ini juga terlihat cantik dan layak jadi arsitektur kebanggaan warga kota. Sayangnya, jembatan ini baru bersifat konsep dan belum diwujudkan.

Dilihat dari sisi visual, bentuk jembatan ini memang menarik. Ruang kosong di antara pilar-pilar yang menyangga jembatan ini tidak dibiarkan begitu saja. Ruang kosong ini diisi dengan beberapa turbin angin yang ditata dengan indah sehingga tak hanya sekedar berfungsi saja. Turbin angin inilah yang berfungsi mengubah energi angin menjadi listrik, sama seperti formasi turbin angin yang ada di wind farm.

Itu belum seberapa. Selain mampu menjaring angin dan mengubahnya menjadi energi listrik, jalan raya yang ada di bagian atas jembatan ini juga dilengkapi dengan panel solar cell yang mampu mengubah sinar matahari menjadi energi listrik. Kalau digabung, energi listrik dari solar cell ditambah dengan 26 turbin angin yang terpasang di bawahnya mampu menyuplai listrik untuk 15 ribu rumah. Tak berhenti sampai di sana, di bagian atas jembatan – tepat di sisi kiri dan kanan jalan raya – ditempatkan kebun yang akan ditanami berbagai buah-buahan yang bisa dijual kepada orang-orang yang melewati jembatan ini.

Source: Engadget

Artikel Tekno Lainnya:
» Baterai Kertas Yang Bisa Mengisi Ulang Sendiri
» Teknologi 3D, Berbahaya Atau Tidak?
» Pasta Gigi Bisa Meramal Cuaca?
» Menggali Energi Dari Tubuh Manusia
» Tentara Masa Depan Mampu Melihat Tanpa Batasan

One thought on “Konsep Jembatan Yang Memberi Nilai Lebih

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s