Baterai Kertas Yang Bisa Mengisi Ulang Sendiri

Paper BatteryBagaimana kalau seandainya baterai bisa dibuat dari kertas dan baterai ini bisa memberi daya dalam waktu tak terbatas karena ia bisa mengisi ulang dirinya sendiri tanpa campur tangan manusia? Pasti sangat menarik! Masalahnya, teknologi yang memungkinkan untuk itu masih belum sempurna benar. Paling tidak, daya yang dihasilkan masih belum bisa disebut cukup besar untuk memenuhi kebutuhan kita akan listrik.

Tahun 2008 lalu CENIMAT sempat membuktikan kalau mereka bisa mencetak transistor di atas kertas dan kali ini CENIMAT sepertinya masih terobsesi pada kertas dan membuat baterai yang dibikin dari kertas juga. Percobaan ini berhasil dan ide dasar dari proyek ini sepertinya cukup menjanjikan untuk sumber daya di masa depan.

Menurut kabar yang dilansir Engadget, baterai kertas ini bisa mengisi ulang dirinya sendiri hanya dengan menggunakan air. Tak perlu repot-repot. Anda bahkan tak perlu menyiramkan air ke atas lembaran kertas ini. Baterai kertas ini bisa mengambil air dari udara dengan sendirinya. Hanya dengan tingkat kelembaban udara sekitar 40% saja sudah cukup untuk mengisi ulang baterai kertas ini. Sayangnya daya yang dihasilkan masih belum cukup untuk menghidupkan peranti elektronik apa pun.

Source: Engadget

Artikel Tekno Lainnya:
» Teknologi 3D, Berbahaya Atau Tidak?
» Pasta Gigi Bisa Meramal Cuaca?
» Menggali Energi Dari Tubuh Manusia
» Tentara Masa Depan Mampu Melihat Tanpa Batasan
» Menyimpan Data di Dalam Bakteri?

3 thoughts on “Baterai Kertas Yang Bisa Mengisi Ulang Sendiri

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s