Menggali Energi Dari Tubuh Manusia

Fujitsu Hybrid Energy HarvesterSumber energi di bumi ini memang makin menipis dan mau tak mau penduduk planet biru ini jadi makin resah saja. Berbagai cara dilakukan untuk mencari sumber energi alternatif meski sampai saat ini masih belum ada yang benar-benar sempurna sebagai sebuah sumber energi pengganti. Nah, cara baru ini sepertinya cukup menjanjikan walaupun sepertinya masih harus dicari cara untuk membangun infrastrukturnya terlebih dulu.

Fujitsu baru saja memamerkan cara baru mendapatkan energi listrik dengan memanfaatkan panas tubuh manusia. Seperti yang kita semua tahu, tubuh manusia selalu menghasilkan panas dan sepertinya sampai saat ini panas tubuh ini masih belum termanfaatkan dengan baik. Idenya, panas tubuh ini lantas disimpan menjadi energi listrik untuk memberi daya pada peralatan elektronik yang mungkin tak terlalu memerlukan daya besar.

Fujitsu Hybrid Energy Harvester

Menariknya lagi, konsep yang diajukan Fujitsu ini memiliki kemampuan ganda. Sensor yang dipasang pada kulit tubuh manusia ini juga mampu menyerap energi dari sinar matahari yang ada di sekitarnya. Sayang belum ada informasi detail mengenai tingkat efisiensi sensor ini. Selain itu, sepertinya cara penyimpanan energi yang diserap pun masih harus dipikirkan karena mau tak mau teknik menambang energi ini tak boleh sampai merepotkan manusia itu sendiri.

Artikel Tekno Lainnya:
» Mencetak Kulit Dengan Printer
» Tiny Eyetracker, Mengawasi Pengemudi Ngantuk
» Jantung Buatan Kini Bisa Bekerja Lebih Lama
» Murata, Sensor Pengukur Tingkat Kelelahan
» Kapasitas Cakram Penyimpan Sudah Mencapai 1TB

Source: Engadget

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s