Menyimpan Data di Dalam Bakteri?

BacteriaDulu, bakteri adalah sesuatu yang harus dihindari manusia. Awalnya bakteri selalu dianggap merugikan walaupun dalam perkembangan zaman manusia mulai menemukan fungsi lain dari bakteri yang bisa menguntungkan juga. Sekarang para ilmuwan sepertinya berusaha untuk mengeksploitasi bakteri agar bisa dimanfaatkan lebih jauh lagi, seperti untuk menyimpan data sekaligus mengenkripsinya. Wah, hebat!

Ide ini berawal dari para ilmuwan di Chinese University of Hong Kong yang berusaha memanfaatkan bakteri E.Coli untuk menyimpan data sekaligus mengenkripsinya. Penyimpanan data ini dilakukan dengan menuliskan data ke dalam DNA bakteri. Tentu saja ini masih dalam tahap yang sangat awal namun bukan berarti kalau ide ini tak akan terwujud nantinya.

Salah satu masalah yang masih dihadapi para ilmuwan adalah kemungkinan adanya mutasi dari bakteri yang bakal menyebabkan perubahan pada data yang disimpan di dalamnya. Selain itu, teknik yang digunakan untuk menyimpan dan mengambil data ini pun masih tergolong sangat mahal dan tidak efisien. Ada kemungkinan kalau nantinya akan ditemukan cara untuk membuat metode penyimpanan ini jadi tahan pengaruh gelombang elektromagnetik bahkan sampai ancaman radiasi nuklir.

Source: Engadget

Artikel Tekno Lainnya:
» Mencetak Kulit Dengan Printer
» Tiny Eyetracker, Mengawasi Pengemudi Ngantuk
» Jantung Buatan Kini Bisa Bekerja Lebih Lama
» Murata, Sensor Pengukur Tingkat Kelelahan
» Kapasitas Cakram Penyimpan Sudah Mencapai 1TB

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s