Mencetak Kulit Dengan Printer

Skin PrinterMencetak foto dengan menggunakan printer memang sudah biasa, tapi bagaimana kalau seandainya kulit manusia pun sudah bisa dicetak dengan cara yang kurang lebih sama? Itulah hasil penelitian Wake Forest Institute for Regenerative Medicine yang kabarnya bakal digunakan untuk kepentingan militer ini. Artinya, nanti para prajurit yang terluka tak lagi memerlukan waktu lama untuk menyembuhkan diri.

Sebenarnya teknologi yang disebut bio-inkjet printer ini sudah ada sebelumnya namun Engadget sempat memberitakan kalau Wake Forest Institute for Regenerative Medicine berhasil mengembangkan teknologi ini agar memungkinkan digunakan di medan pertempuran. Proses yang semula lambat kini sudah bisa dipercepat meski saat ini pengujian pada manusia belum dilakukan.

Dari hasil percobaan pada tikus, proses penyembuhan luka selesai dalam waktu tiga minggu padahal, dalam waktu yang sama, luka yang tidak dirawat tidak mungkin bisa sembuh. Memang ini bukan jaminan kalau proses yang sama bisa diterapkan pada manusia namun kabarnya para peneliti di sana berencana mencoba proses yang sama pada babi. Kalau semua berjalan lancar maka bisa jadi teknologi ini bisa diterapkan pada manusia.

Source Engadget

Artikel Tekno Lainnya:
» Murata, Sensor Pengukur Tingkat Kelelahan
» Kapasitas Cakram Penyimpan Sudah Mencapai 1TB
» Sony Bikin Sensor Kamera 16 Megapixel
» Melihat Kondisi Kesehatan Lewat Cermin
» Laptop Jadi Penyebab Luka Bakar

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s