Tiny Eyetracker, Mengawasi Pengemudi Ngantuk

EyetrackerMengantuk saat mengemudikan kendaraan bermotor jelas sangat berbahaya. Kabarnya, satu dari empat kecelakaan yang terjadi disebabkan oleh pengemudi yang ngantuk. Karena itu pula para peneliti di Fraunhofer Institute for Digital Media Technology berusaha mencari solusi untuk menghindarkan pengemudi dari rasa kantuk, setidaknya mereka mencoba membuat alat untuk mengingatkan pengemudi yang sudah mengalami gejala-gejala bakal terlelap.

Pada dasarnya alat yang mereka sebut Tiny Eyetracker ini adalah serangkaian kamera yang mampu melacak posisi bola mata pengemudi dan mendeteksi adanya gejala mengantuk dan memberikan peringatan pada pengemudi untuk segera mencari tempat untuk beristirahat. Antara dua sampai enam kamera dipasang pada dashboard untuk mendeteksi gejala mengantuk yang tampak dari kedipan mata yang mulai tak normal.

Ukuran kamera yang terpasang ini juga tak terlalu besar. Lensa kamera ini berukuran sekitar 3 sampai 4 milimeter saja. Kamera ini juga mampu menangkap sekitar 200 gambar dalam satu detik. Gambar yang diambil kamera ini kemudian dikirim ke sebuah prosesor berukuran sebesar kotak korek api dan dapat dengan mudah dipasang pada mobil apa pun tanpa memerlukan PC atau notebook. Belum jelas apakah alat ini sudah dipasang pada produk mobil yang telah dipasarkan namun melihat fungsinya, Tiny Eyetracker ini memang sangat bermanfaat.

Source: Cnet

Artikel Tekno Lainnya:
» Murata, Sensor Pengukur Tingkat Kelelahan
» Kapasitas Cakram Penyimpan Sudah Mencapai 1TB
» Sony Bikin Sensor Kamera 16 Megapixel
» Melihat Kondisi Kesehatan Lewat Cermin
» Laptop Jadi Penyebab Luka Bakar

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s