Kapasitas Cakram Penyimpan Sudah Mencapai 1TB

TDK 1TB optical discTeknologi yang ditawarkan TDK ini mungkin bukan sesuatu yang benar-benar baru karena sebelumnya sempat ada usaha untuk membuat cakram penyimpan sebesar ini. Meski ‘menggoda’ dari sisi kapasitas namun tentu saja cakram buatan TDK ini masih punya beberapa kendala yang harus dipecahkan sebelum akhirnya bisa masuk masa produksi. Salah satunya adalah tebal cakram yang melebihi standar ketebalan cakram saat ini.

Cakram buatan TDK bisa jadi akan menjadi penerus dari Blu-ray karena cakram ini juga dibuat dari material yang digunakan oleh cakram Blu-ray. Selain itu optical lens yang ada pada pembaca cakram Blu-ray pun bisa membaca cakram buatan TDK ini. Sayangnya, di saat yang sama, cakram ini juga memiliki beberapa perbedaan yang mungkin bakal menghalangi perkembangannya nanti.

Pertama, kalau Blu-ray menggunakan empat lapis komponen perekam, cakram buatan TDK ini menggunakan 16 layer. Masing-masing dari lapisan ini mampu menyimpan data sebesar 32GB. Kedua, ketebalan cakram ini sekitar dua kali ketebalan cakram Blu-ray. Artinya, harus ada pembaca/perekam tersendiri yang harus dibuat karena Blu-ray reader/writer jelas tak akan bisa digunakan lagi.

Kesimpulannya, cakram buatan TDK ini tak akan masuk masa produksi dalam waktu dekat mengingat Blu-ray saja masih tergolong baru dan bakal butuh waktu, biaya, dan tentu saja dukungan dari banyak pihak untuk melepas cakram berkapasitas 1TB ini ke pasaran.

Source: Engadget

Artikel Gadget Lainnya:
» Konsep Ponsel Dua Layar dari Fujitsu
» Zoom Q3HD, Lengkap dengan Mic Stereo
» Kamera 3D Murah Meriah Dari Takara Tomy
» Nikon Sudah Siap Dengan Senjata Rahasia Baru
» Sharp Bikin Prototype Gadget 3D

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s