[REVIEW] Helloween – 7 Sinners

7 SinnersBukti Kematangan Bermusik Helloween
Setelah sempat membuat banyak fans speed metal kecewa dengan diluncurkannya album Unarmed – Best Of 25th Anniversary, kini Helloween mencoba menebus dosa mereka dengan melepas album bertajuk 7 Sinners ini. Alhasil, jelas album ini bakal memanjakan para fans lawas Helloween yang gila musik-musik bertempo cepat. Tidak hanya itu, dalam album ini band metal asal Jerman ini seolah membuktikan bahwa mereka tak hanya sekedar ngebut karena secara keseluruhan track-track yang mereka bawakan jadi makin tertata apik.

Bisa dibilang album 7 Sinners ini adalah album yang berimbang, berimbang dalam artian tak ada satu sektor yang terdengar terlalu diekspos dan membuat yang lain tenggelam. Ini saja sudah jadi bukti bahwa Helloween memang band yang telah matang. Alih-alih menyenangkan fans dengan pakem speed metal yang mengharamkan beberapa instrumen dan hanya mengumbar permainan musik yang cepat, Helloween masih berani menyuguhkan suara synthesizer dan bahkan flute!

Dari sisi teknis, tak ada masalah dengan musik Helloween. Semua lini jelas bisa diandalkan meski mau tak mau yang jadi sorotan adalah Andi Deris yang ternyata masih sanggup berteriak lantang di usianya yang telah mencapai 46 tahun. Deris juga bisa dibilang menjadi ‘nyawa’ dari album ini karena sepertinya hampir semua lagu ditulis oleh vokalis dengan suara melengking dengan tekstur kasar ini.

Walaupun corak Helloween masih terdengar namun album ini juga memberikan warna lain yang cukup menarik. Track pembuka yang berjudul Where The Sinners Go, misalnya, sedikit memasukkan unsur progressive dan mengingatkan salah satu track Dream Theater meski ini bukan berarti Helloween menjiplak. Helloween juga tak takut bereksperimen dengan nada-nada yang sedikit ‘miring’ di track kedua yang bertajuk Are You Metal.

Tempo sedikit turun ketika memasuki track World of Fantasy yang bernuansa pop meski kemudian pedal gas ditekan dalam-dalam lagi saat memasuki tembang Long Live The King. Dari sisi ‘politik’ Helloween juga tetap memasukkan satu tembang ballad yang sepertinya bakal dijagokan untuk menggaet non fans metal. Tembang berjudul The Smile Of The Sun ditempatkan di urutan ketujuh.

Satu yang layak diacungi jempol adalah banyaknya unsur synthesizer yang – dari sisi fans berat speed metal – adalah sesuatu yang ‘haram’ karena menurunkan tensi riff dan solo gitar yang biasanya dibalut sound effect tebal. Yang lebih mengagumkan lagi, flute pun dimasukkan ke tembang Raise The Voice yang sebenarnya bukan tembang ballad. Eksperimen ini cukup berhasil karena suara flute juga tak terdengar sebagai tempelan. Mungkin karena pola nada yang digunakan masih tak jauh dari pakem heavy metal.

Singkatnya, Helloween masih garang di usianya yang memasuki angka 26 tahun. Di saat yang sama, konsep bermusik mereka juga lebih mantap, terbukti dengan aransemen yang ciamik dan keberanian mereka membebaskan diri dari ‘konsep metal’ yang di titik tertentu membelenggu kreativitas. Tak bisa disalahkan. Helloween memang sudah kenyang pengalaman. Bisa jadi di titik ini mereka memang masih cinta metal meski ada kondisi yang membuat mereka harus melepaskan kreativitas mereka di luar jalur pakem ini.

7 Sinners Track List
01. Where the Sinners Go
02. Are You Metal?
03. Who Is Mr. Madman
04. Raise the Voice
05. World of Fantasy
06. Long Live the King
07. The Smile of the Sun
08. You Stupid Mankind
09. If a Mountain Could Talk
10. The Sage, the Fool, the Sinner
11. My Sacrifice
12. Not Yet Today
13. Far in the Future

Artikel Musik Lainnya:
» Trivium Segera Garap Album Baru
» Slash Bikin Film Horor
» Rod Stewart – Jeff Beck Garap Album Bareng
» Tak Ada Harapan Untuk Reuni Led Zeppelin?
» Solo Gitar Terbaik Dalam Sejarah Musik

2 thoughts on “[REVIEW] Helloween – 7 Sinners

  1. entah kenapa ane gak terlalu suka dengan Helloween, walaupun beberapa lagu mereka menjadi hits didunia, tapi ya itu menurut ane album helloween yang paling bagus adalah di Keeper Of The Seven Keys pt.1 & 2 ama Master Of The Oath, sisanya biasa-biasa aja

    Like

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s