Laptop Jadi Penyebab Luka Bakar

Toasted Skin SyndromeAda ancaman baru buat beberapa orang yang tak pernah bisa berjauhan dari peranti komputasi. Dengan makin populernya notebook atau laptop, kebanyakan pengguna PC sudah beralih ke peranti komputasi portabel ini. Sayangnya, kemajuan teknologi yang satu ini kabarnya juga membawa dampak buruk buat kesehatan, terutama kesehatan kulit.

Menurut hasil sebuah penelitian, panas yang dihasilkan laptop, dalam jangka waktu panjang, bisa menyebabkan kulit melepuh. Gejala ini disebut toasted skin syndrome, atau kurang lebih berarti sindroma kulit terpanggang. Kedengarannya memang cukup mengerikan namun hasil penelitian yang dimuat di jurnal Pediatrics itu memang menegaskan kalau masalah ini cukup serius, setidaknya dari sisi estetika.

Bila tak segera ditangani, kulit yang terkena panas dari laptop akan berubah warna dan perubahan warna ini bisa menjadi cacat permanen bila tak segera dirawat. Saat diamati di bawah mikroskop, kulit yang melepuh terbakar ini memiliki kesamaan dengan kulit yang terlalu lama terkena panas sinar matahari. Memang belum terbukti namun ada kemungkinan gejala ini juga bakal menyebabkan kanker kulit.

Jadi kalau laptop atau notebook adalah peranti yang wajib Anda gunakan, ada baiknya jika Anda menggunakan pelindung yang menjadi batas antara laptop dengan tubuh Anda terutama bila Anda termasuk orang yang suka menggunakan laptop dengan meletakkannya di atas pangkuan.

Source: Engadget
Artikel Tekno Lainnya:
» Sensor Nirkabel Untuk Mengukur Aktivitas Tubuh
» Video Kini Bisa Diberi Efek HDR?
» Mencoba Menjelaskan Mujizat Nabi Musa
» Serat Optik Untuk Sistem Saraf Manusia
» IBM Bikin Prosesor 5GHz

One thought on “Laptop Jadi Penyebab Luka Bakar

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s