IBM Bikin Prosesor 5GHz

IBM ProcessorBerapa kecepatan prosesor Anda? 3GHz? Itu belum seberapa karena IBM baru saja membuat prosesor yang bekerja dengan kecepatan 5,2 GHz. Menariknya, prosesor ini bekerja tanpa pendingin cair seperti yang biasa digunakan para overclocker. Bagaimana bisa? Ternyata IBM menggunakan teknologi nano yang memungkinkannya bekerja dalam suhu yang tak terlalu panas.

Menurut Engadget, prosesor yang diberi nama z196 ini memiliki empat core dan mampu mencapai kecepatan 5,2GHz. Selain tak memerlukan pendingin cair berbasis nitrogen cair karena menggunakan teknologi nano, prosesor yang berisi 1,4 miliar transistor ini juga mampu mengerjakan 50 miliar perintah dalam satu detik.

Bisa jadi sebenarnya ini bukanlah prosesor tercepat yang pernah ada karena Venus CPU milik Fujitsu kabarnya mampu mengerjakan 128 miliar perintah dalam waktu satu detik namun yang menarik adalah penggunaan teknologi nano yang membuatnya jadi bekerja dalam suhu yang minimal. Tak jelas apakah penelitian ini akan berlanjut atau IBM sudah puas dengan hasilnya sementara kepastian untuk pemasaran prosesor ini sendiri juga belum ada.

Source: Engadget

Artikel Lain:
» Cambridge Bikin Memory WORM Hemat Daya
» Teknologi Tepat Guna Buat Masyarakat India
» Memantau Kadar Glukosa Dengan Sutra dan Emas
» Jubah Tembus Pandang, Belajar Sihir Dengan Teknologi
» Nasib Google Wave Berakhir Tahun Ini

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s