Teknologi Tepat Guna Buat Masyarakat India

Sollys-ShebaJuli lalu International Development Design Summit digelar di Colorado State University. Dalam acara ini bertemu orang-orang yang berusaha mengembangkan teknologi tepat guna yang akan ditujukan untuk masyarakat India yang berada di bawah garis kemiskinan. Dua hal yang menjadi topik utama saat itu: cahaya dan air bersih.

Salah satu proyek yang dibahas saat itu adalah lampu tenaga surya yang disebut Sollys. Lampu ini sebenarnya terdiri dari lampu yang terhubung dengan baterai dan panel solar cell. Untuk sekali pengisian, baterai lampu ini sanggup menyimpan listrik untuk digunakan menyalakan lampu selama tiga hari. Ini dimaksudkan untuk mengantisipasi musim hujan saat sinar matahari sulit didapatkan. Satu unit Sollys ini dijual seharga US$45 dan dapat diangsur sebesar US$2 per bulannya. Ini kira-kira sama dengan nilai yang dihabiskan masyarakat India untuk membeli minyak tanah yang mereka gunakan untuk penerangan.

Proyek lain yang juga dibicarakan adalah filter air yang disebut Sheba. Berbeda dengan kebanyakan filter air yang dijual di India, Sheba ini menggunakan saringan dari kain Sari dan didinginkan secara alami dengan keramik yang dijadikan tempat penyimpanan air. Sheba ini dijual dengan harga US$19 per buah termasuk satu buah saringan yang bisa digunakan setelah saringan pertama kadaluwarsa (6 bulan).

Source: Cnet

Artikel Lain:
» Nasib Google Wave Berakhir Tahun Ini
» Haier, Memanaskan Air Dengan Panas Tubuh
» Mengisi Ulang Baterai Mobil Tanpa Kabel
» Brother Bikin Baterai Kocok
» Iklan Berdasar Jenis Kelaminp

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s