Jubah Tembus Pandang, Belajar Sihir Dengan Teknologi

Invisibility CloakSalah satu impian manusia yang belum bisa terwujud hingga saat ini adalah menjadi tidak nampak oleh mata. Dengan populernya film-film bertema fantasi seperti Harry Potter, rasa ingin tahu para ilmuwan pun makin tinggi. Meski sampai saat ini teknologi untuk membuat benda tak nampak oleh mata belum benar-benar terwujud namun secara teori ini bukan tidak mungkin. Profesof Elena Semouchkina bahkan sudah melakukan beberapa percobaan untuk membuat benda jadi tak tampak oleh mata.

Kalau sebelumnya ada ilmuwan yang menggunakan kabel dan fiberglass, Elena Semouchkina kini mencoba pendekatan baru dengan cara membelokkan gelombang cahaya dengan menggunakan gema magnetik yang dihasilkan oleh bahan yang terbuat dari chalcogenide glass. Chalcogenide glass ini ditata membentuk silinder melingkari objek yang akan dihilangkan dan selanjutnya materi ini ditembak dengan menggunakan sinar inframerah.

Saat terkena sinar inframerah, materi ini menghasilkan magnetic resonance yang akan membelokkan gelombang cahaya yang mengenai objek dan mempertemukannya lagi di sisi yang lain. Dengan begitu maka benda yang ada di tengah lingkaran ini tak akan terlihat oleh mata manusia.

Saat ini profesor yang menekuni bidang electrical and computer engineering di Michigan Tech University ini baru berhasil ‘menghilangkan’ benda terhadap frekuensi microwave. Dalam percobaan itu Elena berhasil menghilangkan silinder dengan diameter 3 inci dan tinggi sekitar 4 inci. Meski masih bila dilihat dengan mata telanjang namun Elena optimis kalau nantinya teknologi ini juga bisa bekerja pada gelombang cahaya yang terlihat oleh mata.

Source: Cnet

Artikel Lain:
» Mengisi Ulang Baterai Mobil Tanpa Kabel
» Brother Bikin Baterai Kocok
» Iklan Berdasar Jenis Kelaminp
» Teknologi Nano Jadi Alternatif Media Simpan
» Kalau Kain Bisa Ngomong

One thought on “Jubah Tembus Pandang, Belajar Sihir Dengan Teknologi

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s