Mengisi Ulang Baterai Mobil Tanpa Kabel

EV ChargingKarena teknologi mobil elektrik masih tergolong baru maka kebanyakan penggunanya jelas punya risiko ‘lupa’ mengisi ulang baterai mobil mereka dan sebagai akibatnya, mobil ramah lingkungan ini tak bisa digunakan. Mengerti kalau skenario di atas bukan hanya sekedar skenario, Evatran merancang sistem pengisian ulang baterai tanpa kabel yang bakal menjadi solusi. Masalahnya, pemilik mobil tetap harus ingat menyalakan charger ini atau baterai mobil tetap saja tak akan terisi.

Dengan memanfaatkan transmisi energi nirkabel, Evatran merancang Plugless Power charging station yang sempat mereka pamerkan dalam acara Plug-In 2010 Conference di San Jose, California beberapa waktu lalu ini. Charger ini sendiri terdiri dari dua bagian. Bagian pertama adalah adaptor yang mengalirkan listrik sesuai dengan spesifikasi baterai mobil, sementara bagian kedua adalah charging station yang bisa diletakkan di lantai garasi mobil dekat dengan posisi baterai mobil.

Konsep dasarnya, charger ini mengirim listrik ke baterai lewat induksi elektromagnetik. Karena ini menggunakan sistem transmisi tanpa kabel maka jelas ada penurunan efisiensi bila dibandingkan dengan cara lama yang menggunakan kabel. Kabarnya, sistem ini 10% ‘lebih tidak efektif’ dibanding cara lama itu. Sebagai kompensasi, Evatran harus mengirim energi lebih agar durasi pengisian baterai tetap bisa sama dengan bila menggunakan kabel. Saat ini sistem pengisian baterai nirkabel ini masih dalam pengujian. Evatran menyediakan unit pengisian baterai nirkabel ini di dekat kantor mereka dan baru berencana memasarkan produk ini awal tahun 2011 nanti.

Source: Cnet

Artikel Lain:
» Iklan Berdasar Jenis Kelaminp
» Teknologi Nano Jadi Alternatif Media Simpan
» Kalau Kain Bisa Ngomong
» Mata Teleskopik Buat Manula
» Spesifikasi Bluetooth 4.0 Diumumkan

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s