E-Cell, Versi Elektrik dari Mercedes-Benz SLS AMG

Mercedes-Benz SLS AMGMelihat gambar di samping ini, Anda pasti tak lagi merasa asing karena SLS AMG memang jadi mobil Andalan Mercedes-Benz belakangan ini. Tapi jangan keburu puas karena mobil di samping ini sebenarnya adalah versi elektrik dari Mercedes-Benz SLS AMG. Karena ini mobil elektrik maka memang tidak ada mesin konvensional dalam ruang mesin namun jangan meremehkan mobil ini karena performanya tak jauh beda dengan versi yang menggunakan mesin konvensional.

Sebagian besar komponen yang tertanam pada Mercedes-Benz SLS AMG tetap dipertahankan pada versi elektriknya yang bernama E-Cell ini, kecuali mesinnya tentu saja. Sebagai gantinya, Mercedes-Benz memasang empat motor listrik yang masing-masing diletakkan dekat dengan keempat rodanya. Bila ditotal, kemampuan empat motor listrik ini setara dengan mesin yang mampu menghasilkan tenaga sekitar 526 daya kuda dengan torsi sebesar 649 pound-feet.

Hasilnya, E-Cell ini sanggup mencapai kecepatan 100km/jam dalam hitungan 4 detik saja atau kurang lebih lebih lambat 0,3 detik dari versi mesin konvensionalnya. Bisa dimaklumi karena versi yang menggunakan mesin V8 berkapasitas 6300cc memang mampu menghasilkan sekitar 563 daya kuda. Tapi untuk ukuran mobil elektrik, E-Cell ini masih terhitung ‘punya daya’.

Sebagai sumber energi, Mercedes-Benz memasang baterai lithium ion 400 volt yang mampu menghasilkan daya sebesar 48 kilowatt hours. Agar baterai ini tak cepat rusak, Mercedes-Benz memasang sistem pendinginan berbahan dasar cair sehingga baterai ini tetap dapat bekerja pada suhu optimal dalam jangka waktu yang panjang. Sayangnya, Mercedes-Benz belum bermaksud memasarkan mobil cantik yang dibalut warna hijau kekuningan ini.

Source: Cnet

Artikel Lain:
» Roehr Motorcycles Luncurkan 3 Motor Elektrik Super Cepat
» Mercedes-Benz SLS E-Cell, Supercar Elektrik
» Renault DeZir Concept, Jauh Dari Kata Konvensional
» BMW Megacity Vehicle, Konsep Mobil Masa Depan
» Bugatti Veyron 16.4 Super Sport, Pertahankan Rekor

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s