Iklan Berdasar Jenis Kelamin

Japan BillboardSekitar satu tahun lalu, billboard iklan yang mampu mengenali jenis kelamin orang yang melihatnya baru dalam tahap perencanaan dan sekarang, teknologi ini kabarnya sudah menghiasi beberapa stasiun kereta api bawah tanah di kota Tokyo. Sejauh ini proyek ini memang masih dalam tahap uji coba dan nantinya akan ada beberapa perbaikan setelah data-data terkumpul.

Menurut berita yang dilansir Cnet.com, display billboard ini mampu mengenali jenis kelamin orang yang melihatnya bahkan kalaupun orang tersebut hanya melihat sekilas atau cuma sekedar lewat saja. Bukan cuma itu, sensor pada billboard ini juga mampu mendeteksi kisaran usia ‘target’ yang sedang lewat. Ini dimungkinkan karena billboard ini juga dilengkapi kamera dan software face recognition.

Proyek uji coba ini adalah proyek yang didanai konsorsium sebelas perusahaan kereta api dan rencananya pilot project ini akan dilakukan selama satu tahun penuh. Ada 27 billboard dengan teknologi canggih seperti ini yang sudah tersebar di berbagai stasiun kereta api di Tokyo.

Sebenarnya idenya bukan hanya untuk menyajikan iklan yang paling tepat untuk ‘target’ berdasarkan jenis kelamin dan usia mereka namun juga mengumpulkan statistik tentang siapa yang melihat iklan apa pada jam berapa. Data inilah yang kemudian akan diolah untuk menentukan iklan apa yang akan mereka pasang pada proyek selanjutnya. Meskipun mengumpulkan gambar jutaan orang namun Digital Signage Promotion Project yang menangani proyek ini menjamin bahwa mereka tidak akan menyimpan gambar yang mereka ambil untuk melindungi privacy masyarakat.

Source: Cnet

Artikel Lain:
» Teknologi Nano Jadi Alternatif Media Simpan

» Kalau Kain Bisa Ngomong

» Mata Teleskopik Buat Manula

» Spesifikasi Bluetooth 4.0 Diumumkan

» Memproduksi Paru-Paru Dalam Chip

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s