Teknologi Nano Jadi Alternatif Media Simpan

Nano TechKalau Anda mundur beberapa dekade, Anda pasti akan kaget betapa pesat perkembangan teknologi media simpan yang ada saat ini. Dulu, media simpan data hanyalah disket yang baru mampu menampung data dalam ukuran megabyte namun sekarang Blu-ray sudah mampu menampung data sampai 25GB. Ini masih belum seberapa karena kalau teknologi baru yang berbasis teknologi nano ini sudah sempurna maka ukuran itu jadi tak terlalu mengagumkan lagi.

Beberapa saat yang lalu memang sempat muncul kabar kalau Sony sedang meneliti kemungkinan untuk meningkatkan kapasitas simpan Blu-ray dari 25GB menjadi 33,4GB. Usaha Sony ini cukup wajar karena ukuran file saat ini memang sudah membengkak berlipat-lipat dan mau tak mau media simpan juga harus mengikutinya.

Masih dari Jepang, para peneliti dari University of Tokyo kabarnya baru saja menemukan bahan alternatif yang nantinya bakal membuat Blu-ray jadi ketinggalan zaman. Para peneliti ini mendapatkan fakta menarik saat mereka menembak kristal titanium pentoxide berukuran 5nm dengan sinar laser. Hasilnya, kristal tadi berubah warna dan memiliki konduksi listrik sangat rendah. Artinya, ini bakal jadi masa depan media simpan optik.

Diperkirakan, dengan ukuran 5nm, materi ini sanggup menyimpan data seribu kali lebih besar dari yang sanggup dilakukan oleh Blu-ray. Bahan dan proses produksinya juga tak terlalu mahal. Materi ini bisa dibuat dengan cara menambahkan hydrogen pada titanium dioxide dengan cara pembakaran biasa.

Source: Engadget

Artikel Lain:
» Mata Teleskopik Buat Manula

» Spesifikasi Bluetooth 4.0 Diumumkan

» Memproduksi Paru-Paru Dalam Chip

» Pedesis, Mendeteksi Gejala Depresi Sejak Dini

» Baterai Dari Kentang Rebus

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s