Kalau Kain Bisa Ngomong

Piezoelectric SpeakersOrang bilang, dinding pun punya telinga. Barangkali ungkapan itu tak berlebihan kalau mengingat teknologi yang ada sekarang ini. Kalau sebelumnya orang mampu menciptakan speaker atau mic yang sangat tipis sekarang ada penelitian yang akan memungkinkan kain untuk menangkap suara layaknya mic dan mengeluarkan suara layaknya speaker. Jadi jangan kaget kalau suatu hari nanti Anda bisa berbincang-bincang dengan T-Shirt Anda.

Pada dasarnya, penelitian yang dilakukan Yoel Fink dari Massachusetts Institute of Technology ini memanfaatkan teknologi piezoelectrics yang sudah ada saat ini. Bedanya, kalau saat ini teknologi ini hanya berbentuk speaker yang sangat tipis maka nantinya teknologi ini akan diaplikasikan dalam bentuk serat kain. Kuncinya, masing-masing sisi dari kain ini akan dibuat berbeda dan bukannya simetris seperti pada kebanyakan kain.

Satu sisi dari kain ini akan memiliki lebih banyak atom fluorine sementara sisi yang lain memiliki lebih banyak atom hydrogen. Dua atom yang berbeda inilah yang membuat satu sisi dari kain tersebut bisa berfungsi sebagai speaker sementara sisi yang lain bisa berfungsi sebagai microphone. Meski terdengar sederhana namun Yoel Fink ternyata menggunakan banyak teknik untuk bisa menghasilkan kain dengan kemampuan ini.

Sejauh ini memang suara yang bisa ditangkap maupun dihasilkan masih berada pada kisaran kilohertz sampai megahertz, yang artinya belum bisa didengar oleh telinga manusia namun bisa saja nantinya teknologi ini berkembang dan kisaran frekuensi itu bisa diturunkan hingga batas pendengaran manusia. Kabarnya, ini juga bukan satu-satunya aplikasi teknologi piezoelectrics yang sedang dalam penelitian. Massachusetts Institute of Technology juga sedang meneliti kemungkinan untuk mengaplikasikan teknologi ini pada bidang visual. Jadi, nantinya kain tak cuma bisa mendengar atau berbicara tapi juga melihat.

Source: Cnet

Artikel Lain:
» Mata Teleskopik Buat Manula

» Spesifikasi Bluetooth 4.0 Diumumkan

» Memproduksi Paru-Paru Dalam Chip

» Pedesis, Mendeteksi Gejala Depresi Sejak Dini

» Baterai Dari Kentang Rebus

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s