BMW Megacity Vehicle, Konsep Mobil Masa Depan

BMW MegacityArah konsep kendaraan masa depan memang sudah jelas. Beberapa syarat yang sekarang sudah mulai jadi kewajiban seperti ukuran yang tak terlalu besar, rendah emisi, dan hemat bahan bakar jelas harus ada. Dengan pemahaman yang sama pula BMW sebagai pemain lama dalam bidang otomotif mencoba merancang sebuah konsep mobil yang akan jadi alat transportasi masa depan. Mobil ini akan sepenuhnya menggunakan sumber energi listrik dan bakal mengusung sejumlah teknologi modern saat ini.

Proyek BMW Megacity Vehicle ini sebenarnya berawal dari Project i di akhir tahun 2007 lalu. Saat itu BMW mulai mencoba melirik pasar mobil hybrid dengan meluncurkan Mini E. Saat itu memang perbandingan antara penggunaan bahan bakar minyak dengan listrik memang belum berimbang dan karena itu BMW lantas meluncurkan 1-series Concept ActiveE yang bakal segera diluncurkan tahun 2011 nanti. Ini bukan proyek terakhir dari BMW karena untuk tahun 2013 nanti BMW sudah mempersiapkan MCV atau Megacity Vehicle ini.

Dari sketsa yang dipamerkan, terlihat bahwa desain bodi Megacity Vehicle ini memang sangat futuristik. Memang ada kemungkinan konsep ini akan berubah bentuk saat masuk masa produksi nanti namun paling tidak secara global kita sudah bisa memprediksi bentuk dasar Megacity Vehicle ini. Dari data spesifikasi, BMW menyebutkan bahwa MCV ini bakal menampung empat penumpang meski tidak ada kejelasan soal jumlah pintu yang akan terpasang pada mobil ini.

Salah satu komponen penting dalam mewujudkan mobil elektrik yang optimal jelas adalah bobot dari mobil ini sendiri. Bagaimana tidak, bobot baterainya saja bisa mencapai 250kg – 360kg. Karena itu, BMW menggandeng SGL Carbon untuk mendesain apa yang mereka sebut carbon fiber cell yang akan menjadi komponen pembentuk MCV ini. Dengan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 135 daya kuda dan bobot mobil yang ringan maka diharapkan MCV ini bisa mencapai jarak tempuh ideal untuk disebut sebagai alat transportasi modern.

Source: Car And Driver

Artikel Lain:
» Bugatti Veyron 16.4 Super Sport, Pertahankan Rekor

» Kymco KR Naked 125, Lincah di Tengah Kota

» Odyssey, Andalan Baru Honda di Kelas Minivan

» Hennessey Venom GT, Mirip Lotus Exige

» Audi R8 GT, Adopsi Mesin Gallardo

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s