Memproduksi Paru-Paru Dalam Chip

Lung On A ChipKemajuan teknologi memang tak ada hentinya. Kalau sebelumnya dunia sempat digegerkan oleh munculnya teknologi cloning sekarang para ilmuwan Inggris mengumumkan kalau mereka berhasil memproduksi sel paru-paru dalam chip. Nantinya, diharapkan teknologi ini mampu menghasilkan organ tubuh manusia untuk bisa digunakan sebagai pengganti organ tubuh yang rusak.

Para ilmuwan di universitas Harvard berhasil memproduksi paru-paru manusia yang benar-benar berfungsi dalam chip. Paru-paru ini dibuat dari pembuluh darah manusia dan kabarnya memiliki ukuran yang lebih kecil dari paru-paru manusia. Mereka pun sudah mendemonstrasikan bahwa paru-paru yang mereka produksi ini memang benar-benar bekerja seperti paru-paru manusia.

Sekarang, mereka berusaha mengembangkan hasil penelitian mereka agar paru-paru ini bisa mereplika pertukaran gas antara sel dalam paru-paru dengan aliran darah. Selanjutnya, mereka akan mencoba memproduksi organ lain dalam chip yang nantinya akan mereka gabungkan dengan jantung dalam chip yang telah berhasil mereka buat. Jangan melihat upaya ini sebagai langkah manusia untuk menyamai Tuhan dalam proses penciptaan makhluk hidup karena mereka memang tidak menciptakan makhluk hidup dalam laboratorium mereka. Bayangkan betapa banyak nyawa yang bisa diselamatkan bila organ buatan ini sudah mencapai tahap optimal.

Source: Engadget

Artikel Lain:
» Pedesis, Mendeteksi Gejala Depresi Sejak Dini

» Baterai Dari Kentang Rebus

» BIOS Bakal Segera Digantikan UEFI

» Karyawan Google Tak Boleh Pakai Windows

» Orang Pertama Yang Tertular Virus Komputer

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s