Pedesis, Mendeteksi Gejala Depresi Sejak Dini

Ilustrasi DepresiDepresi memang kata yang seolah jadi anak tiri. Jarang orang yang mau mengakui kalau ia mengalami depresi sementara tak jarang pula orang yang tak sadar kalau sebenarnya ia sudah menunjukkan gejala stres. Lalu bagaimana cara mengatasinya? kalau Pedesis ini ini sudah diaplikasikan, maka masalah itu paling tidak bisa sedikit teratasi.

Pedesis adalah sebuah program yang dirancang untuk menganalisa kata-kata dan menentukan kadar stres dari pemilihan kata tersebut. Sering kali kita menggunakan kata-kata tertentu tanpa sadar kalau kata tersebut atau kombinasi dari beberapa kata tersebut bisa mencerminkan kondisi psikologis kita. Dari dasar pemikiran inilah Pedesis dibuat. Dalam aplikasinya, software ini bisa dipasang pada situs-situs yang berhubungan dengan kesehatan dan bila ada pengunjung yang meninggalkan pesan atau komentar maka software ini bisa mendeteksi tingkat depresi yang dialami si penulis.

Pedesis ini juga telah diuji dan hasilnya menunjukkan 78% mendekati kebenaran. Proses pengujian dilakukan dengan cara mengambil 350 ribu kata dari 17.031 blog plus 1.600 kata yang digunakan dalam situs-situs psikologi seperti MentalHelath.net. Kata-kata ini kemudian diklasifikasikan berdasar tingkat depresinya dan hasilnya diserahkan pada empat orang pakar psikologi untuk dianalisa lagi. Pada dasarnya memang tak ada yang bisa menandingi penilaian dari manusia namun setidaknya Pedesis ini bisa menjadi kunci awal buat orang awam untuk memahami kondisi psikologisnya.

Source: Cnet

Artikel Lain:
» Baterai Dari Kentang Rebus

» BIOS Bakal Segera Digantikan UEFI

» Karyawan Google Tak Boleh Pakai Windows

» Orang Pertama Yang Tertular Virus Komputer

» Layar OLED Yang Bisa Digulung

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s