Odyssey, Andalan Baru Honda di Kelas Minivan

Honda OdysseyTahun ini rasanya pasar minivan bakal jadi pasar yang ramai. Setelah Toyota meluncurkan generasi baru Sienna, kini giliran Honda yang menurunkan Odyssey untuk bermain di kelas yang sama. Produk yang diluncurkan musim panas ini ternyata tak berbeda jauh dari versi konsepnya yang sempat dipamerkan di Chicago Auto Show beberapa waktu yang lalu.

Secara keseluruhan, desain Odyssey generasi 2011 ini memang tak terlalu menyimpang dari pakem desain minivan yang beredar saat ini. Kalaupun ada yang menarik barangkali adalah perpaduan bentuk lengkung dan garis tegas dengan sudut tajam yang menghiasi sekujur bodinya. Ada pahatan bersudut tajam yang menghiasi bagian bawah pintu membujur mulai dari bagian depan sampai menyentuh bagian belakang seolah menjadi penghubung antara roda depan dan belakang. Di atasnya, garis kaca samping pun dibentuk menyerupai sambaran petir dan makin menguatkan karakter dari Odyssey ini.

Dari sisi dimensi, generasi 2011 ini mengalami penambahan panjang sekitar 35mm yang berdampak pada desain interior yang lebih lapang. Kini, baris ketiga bisa bernafas lebih lega karena penambahan panjang ini meski sebenarnya tak terlalu banyak juga. Yang menarik lagi, baris kedua kini memiliki mode wide. Dua kursi yang ada bisa digeser ke samping untuk memberi ruang buat kursi ketiga yang terlipat ke bawah.

Seperti juga pada desain bagian luarnya, kabin pengemudi juga mendapat sentuhan yang sama. Sentuhan garis tegas tercium di mana-mana meski dominasi bentuk lengkung masih menjadi aroma utama di sini. Sebagai tenaga penggerak, Honda masih percaya pada keandalan mesin V-6 dengan kapasitas 3.500cc yang ada pada versi sebelumnya. Dengan berbagai modifikasi, mesin ini kini mengonsumsi bahan bakar lebih sedikit dari generasi yang digantikannya. Menurut Honda, Odyssey ini mampu menempuh jarak 12 kilometer dengan bahan bakar sebanyak satu liter. Tentu saja skenario ini bisa terjadi bila Ada melaju di jalanan luar kota.

Source: Car and Driver

Artikel Lain:
» Audi R8 GT, Adopsi Mesin Gallardo

» BMW C1-E, Nyaman dan Ramah Lingkungan

» Meguru, Mobil Elektrik Dengan Nuansa Tradisional

» KTM 350 SX-F, Andalan Baru KTM

» Benelli Cafe Racer 899, Dengan Sentuhan Warna Emas

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s