Audi R8 GT, Adopsi Mesin Gallardo

Audi R8 GTApa jadinya jika Audi mengadopsi mesin Lamboghini Gallardo? Spektakuler, tentu. Memang mengagumkan. Selain mengadopsi mesin V-10 yang ada pada mobil keluaran pabrikan asal Italia itu, Audi juga memangkas bobot Audi R8 GT ini agar performanya jadi lebih maksimal. Hasilnya, data menyebutkan kalau R8 GT ini sanggup mencapai kecepatan 100km/ jam dalam hitungan 3,2 detik saja.

Sebenarnya adopsi ini sudah dimulai sejak Audi R8 dilansir namun saat itu mesin V-10 dengan kapasitas 5.200cc yang diadopsi memiliki tenaga lebih rendah dari versi yang terpasang pada Gallardo. Entah karena masalah politik dagang atau ada alasan lain namun itulah yang terjadi. Kini, pada versi GT ini, Audi tak mau lagi dikalahkan oleh Lamborghini. Berbagai modifikasi dilakukan dan hasilnya sangat memuaskan.

Meski Lamborghini kini mengizinkan Audi mengambil mesin V-10 mereka yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 552 daya kuda, sama persis dengan yang terpasang pada Gallardo, namun masalah tak berhenti sampai di sana. Bobot total Audi R8 jauh lebih berat ketimbang Gallardo dan di sinilah acara pemangkasan bobot diperlukan. Sama dengan teknik yang digunakan Lamborghini, Audi juga melakukan diet yang sama. Mereka mengganti beberapa bagian dari mobil dengan material yang lebih ringan.

Beberapa bagian bodi diganti dengan bahan serat karbon dan polycarbonate, termasuk rear wing, dan bumper. Kaca depan pun dibuat lebih tipis namun masih dalam batas aman sementara saluran gas buang pun mengalami nasib yang sama.

Dengan berbagai modifikasi ini, Audi R8 GT in sanggup melaju hingga kecepatan 320km/ jam. Karena Audi R8 GT ini spesial, pabriknya hanya berencana membuat 333 unit saja untuk dilepas ke pasaran.

Source: Car and Driver

Artikel Lain:
» BMW C1-E, Nyaman dan Ramah Lingkungan

» Meguru, Mobil Elektrik Dengan Nuansa Tradisional

» KTM 350 SX-F, Andalan Baru KTM

» Benelli Cafe Racer 899, Dengan Sentuhan Warna Emas

» Porsche 911 GT2 RS Melaju Dengan 620 Daya Kuda

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s